R P P
KELAS VIII
SEMESTER 1
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N 1 Kalimanah
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Kelas / Semester : VIII / 1
(Satu / Gasal )
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
Standar Kompetensi : 3. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar : 3.1.
Mengidentifikasi jenis lagu Nusantara
3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu Nusantara.
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1.
Menentukan ragam musik nusantara dari lagu yang
diperdengarkan.
2.
Membedakan elemen-elemen musik, irama, warna, tempo,
nada, dinamika lagu dari beragam musik Nusantara.
3.
Mendeskripsikan makna lagu Nusantara yang diperdengarkan.
4.
Menyajikan lagu etnik daerah Nusantara. ( lagu “Kampuang
Nan Jauh Dimato“)
5.
Menyebutkan keunikan-keunikan lagu etnik nusantara yang
diperdengarkan.
B.
MATERI AJAR
1. Musik Nusantara.
2. Lagu-lagu Nusantara.
C.
METODE PEMBELAJARAN
Demonstrasi, Tanya jawab, Diskusi Kelompok.
Model Pendekatan CTL dan Life Skill.
D.
LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama,kedua dan ketiga :
a.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Motivasi dan apersepsi.
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
b.
Kegiatan
Inti
o Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menjelaskan makna dan jenis lagu/musik Nusantara.
·
Memberi kesempatan siswa untuk mendengarkan lagu-lagu
etnik daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau Guru.
·
Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang jenis-jenis lagu yang berkembang di wilayah Nusantara;
·
Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·
Memfasilitasi terjadinya interaksi
antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
·
Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·
Memfasilitasi peserta didik
menyanyikan lagu yang ada dalam buku materi..
o Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna dengan penuh tanggungjawab
·
Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis
secara kreatif
·
Bertanya jawab tentang ragam musik Nusantara.
·
Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada serta
dinamik lagu etnik Nusantara.
·
Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan
·
Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak dengan penuh percaya
diri
·
Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·
Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok dengan penuh tanggungjawab
·
Memfasilitasi peserta didik untuk
menyanyikan lagu-lagu
Nusantara
o Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
Memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
·
Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·
Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·
Memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
c.
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
Bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
·
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
·
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
E.
Alat/ SUMBER BELAJAR
Buku
“Seni Budaya
Lagu
dareah “Kampuang Nan Jauh Dimato”
VCD/CD/kaset,
Guru.
F.
PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Menyebutkan jenis-jenis lagu Nusantara
Ü
Mengidentifikasi ciri dari lagu Nusantara
Ü
Menyebutkan contoh lagu Nusantara
|
Tes
Lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Ü
Sebutkan 3 jenis lagu Nusantara
Ü
Jelaskan ciri-ciri lagu Anak-anak
Ü
Jelaskan ciri-ciri lagu Perjuangan
Ü
Berilah 4 contoh lagu Nusantara yang termasuk dalam
ragam musik perjuangan !
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah
( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004
|
|
Purbalingga
, 18 Juli 2016
Guru Mapel
Seni Budaya
( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930
200501 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N 1 Kalimanah
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Kelas / Semester : VIII / 1
(Satu / Gasal )
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
Standar Kompetensi : 3. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi
Dasar : 3.2. Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan lagu
Nusantara.
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1.
Menentukan ragam musik Keroncong dari lagu yang
diperdengarkan.
2.
Membedakan elemen-elemen musik, irama, warna, tempo,
nada, dinamika lagu dari beragam musik Keroncong.
3.
Mendeskripsikan makna lagu Keroncong yang diperdengarkan.
4.
Menyebutkan keunikan-keunikan lagu Keroncong yang
diperdengarkan.
B.
MATERI AJAR
1. Musik Nusantara.
2. Lagu-lagu Keroncong.
C.
METODE PEMBELAJARAN
Demonstrasi, Tanya jawab, Diskusi Kelompok.
Model Pendekatan CTL dan Life Skill.
D.
LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan apersepsi.
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
b. Kegiatan Inti
o Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menjelaskan tiga jenis Keroncong di Nusantara.
·
Memberi kesempatan siswa untuk mendengarkan lagu-lagu Keroncong
melalui LCD/VCD/CD/MP3 atau Guru.
·
Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang ciri-ciri lagu Keroncong;
·
Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·
Memfasilitasi terjadinya interaksi
antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
·
Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·
Memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
o Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna dengan penuh tanggungjawab
·
Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis
secara kreatif
·
Bertanya jawab tentang perbedaan
dari ketiga ragam
musik Keroncong.
·
Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik Keroncong seperti birama, syair, interlude, bentuk lagu, tempo, serta dinamik lagu Keroncong.
·
Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan
·
Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak dengan penuh percaya
diri
·
Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·
Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok dengan penuh tanggungjawab
·
Memfasilitasi peserta didik untuk
menyanyikan lagu-lagu
Keroncong
o Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
Memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
·
Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·
Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·
Memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
Bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
·
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
·
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
E.
ALAT/ SUMBER BELAJAR
Buku
“Seni Budaya
Lagu
dareah “Kampuang Nan Jauh Dimato”
VCD/CD/kaset,
Guru.
F.
PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Mendiskripsikan perbedaan lagu Keroncong Asli, Langgam,
dan Stambul
|
Tes
Lisan
Tes Tertulis
|
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
|
Ü
Sebutkan 3 jenis lagu Keroncong di Nusantara
Ü
Jelaskan ciri-ciri lagu Keroncong Asli
Ü
Berilah 3 contoh lagu Keroncong Langgam
Ü
Sebutkan perbedaan Lagu Keroncong Asli dan Langgam
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah
( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004
|
|
Purbalingga
, 18 Juli 2016
Guru Mapel
Seni Budaya
( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930
200501 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Kalimanah
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Seni Budaya/ Seni Musik
|
Kelas / Semester
|
:
|
VIII / I (Satu / Gasal)
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Standar kompetensi
|
:
|
4. Mengekspresikan diri melalui
karya seni
|
Kompetensi dasar
|
:
|
4.1 Mengaransir secara sederhana karya lagu etnik
Nusantara dalam bentuk paduan suara
|
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Menyanyikan lagu “Tanah Tumpah Darahku”
2. Mengaransir lagu “Tanah Tumpah Darahku”
dengan memberikan melodi keduanya.
3. Menyanyikan hasil aransmen sederhana lagu
“Tanah Tumpah Darahku” secara kelompok dalam satu suara.
4. Menyanyikan hasil aransmen sederhana lagu
“Tanah Tumpah Darahku” secara kelompok dalam dua suara.
5. Menampilkan hasil aransmen sederhana lagu
“Tanah Tumpah Darahku” dalam bentuk ansambel musik.
B.
Materi Ajar
a. Paduan Suara
b. Musik Ansambel
C.
Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life skill.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan pendahuluan
Tanya
jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan
apresiasi
b. Kegiatan Inti
o Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Memberi
kesempatan peserta
didik menyanyikan lagu “Tanah Tumpah Darahku “
·
Mengaransir secara sederhana dengan memberikan melodi kedua dari lagu “Tanah Tumpah Darahku”.
·
Memfasilitasi peserta didik menentukan jenis suara 1 dan 2 dengan
mengetahui wilayah ambitus suara masing-masing melalui tangganada.
o Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Menampilkan aransemen lagu “Tanah
Tumpah Darahku”
dalam suara satu secara berkelompok.
·
Menampilkan aransemen lagu “Tanah
Tumpah Darahku”
dalam suara dua secara berkelompok.
·
Memfasilitasi peserta didik
membuat kelompok dengan
anggota suara satu dan suara dua;
·
Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
Memfasilitasi peserta didik berlatih secara terus
menerus untuk
meningkatkan kemampuan belajar kelompoknya;
·
Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil latihan kelompoknya;
·
Memfasilitasi peserta didik
melakukan pementasan/pertunjukan/penampilan
secara kelompok di kelas;
o Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
Memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
·
Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·
Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·
Memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
Bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat simpulan
pelajaran;
·
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
·
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
·
Membuat
kesimpulan hasil latihan tentang karya dan penampilan hasil aransmen musik tiap
kelompok.
E.
Alat/Sumber Belajar
v
Audio
Visual / pertunjukan Musik Nusantara.
v
Buku
“Seni Budaya .
v
Alat
musik
F.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Memainkan hasik aransemen lagu etnik Nusantaral
Ü
Menampilkan hasil aransemen dalam bentuk ansambel
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji Petik Kerja
|
Ü Aransirlah lagu etnik
Nusantara dengan nada yang tepat
Ü Mainkanlah hasil
aransemen lagu etnik Nusantara
Ü Tampilkan hasil
aransemen lagu etnik dengan vokal/alat musik (sumber bunyi) yang dipilih
|
Format
Penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Ketrampilan
bermain musik
|
|
|
|
|
|
2
|
Kekompakan
kelompok
|
|
|
|
|
|
3
|
Harmoni
|
|
|
|
|
|
4
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan
ceklis pada angka :
1 = sangat kurang .2 = kurang 3 = cukup 4
= baik 5 -= sangat baik
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah
( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004
|
|
Purbalingga
, 18 Juli 2016
Guru Mapel
Seni Budaya
( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930
200501 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Kalimanah
Mata Pelajaran : Seni
Budaya/Seni Musik
Kelas/Semester : VIII / 1
(satu)
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
Standar kompetensi
|
:
|
4. Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
4.2 Menampilkan hasil
aransemen karya lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel.
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
§ Berlatih teknik memainkan
rekorder sopran pada lagu “Tanah Tumpah Darahku“ sesuai dengan partitur.
§ Berlatih teknik memainkan
pianika pada lagu “Tanah Tumpah Darahku“ sesuai dengan partitur.
§ Menuliskan pola irama
lagu yang sesuai pada lagu model “Tanah Tumpah Darahku“.
§ Memainkan aransemen
sederhana lagu “Tanah Tumpah Darahku“
§ Menyajikan aransemen lagu
“Tanah Tumpah Darahku“ dalam bentuk
musik ansambel.
B.
Materi Ajar
a. Musik Ansambel
b. Aransmen Musik sederhana.
C.
Metode
Model Pendekatan
CTL dan Lifeskill
D.
Langkah – langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apersepsi.
Tanya jawab tentang berbagai hal terkait dengan wawasan
siswa mengenai materi yang akan diajarkan.
b. Kegiatan Inti
o Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Mengajak siswa untuk menyanyikan lagu model “Tanah Tumpah Darahku“.
·
Melibatkan peserta didik untuk berlatih memainkan Rekorder Sopran
·
Melibatkan peserta didik untuk berlatih memainkan Pianika
·
Menggunakan beragam pendekatan metode pembelajaran dan media
pembelajaran untuk
menyampaikan materi lagu
·
Memfasilitasi terjadinya interaksi
antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
·
Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·
Memfasilitasi peserta didik memainkan lagu “Tanah Tumpah Darahku”.
o Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Mendiskusikan tentang elemen musik yaitu irama
·
Menerangkan pola irama
·
Bersama siswa merasakan pola irama dengan tepukan
·
Berlatih teknik memainkan alat musik rekorder sopran dan pianika
·
Mendiskusikan pola irama yang sesuai
untuk mengiringi lagu “Tanah
Tumpah Darahku”.
bersama kelompoknya
·
Menerangkan aransemen musik
·
Menerangkan pembagian alat musik pada ansamble musik
·
Membimbing siswa memainkan aransemen lagu “Tanah Tumpah Darahku”. bersama kelompoknya.
·
Membimbing siswa
menyajikan lagu “Tanah Tumpah Darahku” dalam bentuk ansambel.
·
Memfasilitasi peserta didik
melakukan pertunjukan dari produk yang dihasilkan;
o Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
Memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
·
Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·
Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·
Memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
Bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat simpulan
pelajaran;
·
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
·
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
E.
Sumber Belajar
-
Buku “Seni Budaya .
-
Lagu Model
-
Gitar, Tamborine, Triangel, Kastanyet, Pianika, Rekorder Sopran.
F.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Memeainkan lagu ”Tanah Tumpah Darahku” dengan Ansambel
Musik
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji Petik Kerja
|
Ü
Mainkan lagu ”Tanah Tumpah Darahku” dengan Recorder
Ü
Mainkan lagu ”Tanah Tumpah Darahku” dengan Pianika
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah
( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004
|
|
Purbalingga
, 18 Juli 2016
Guru Mapel Seni
Budaya
( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930
200501 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 1 Kalimanah
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas / Semester : VIII / 1
Standar Kompetensi : 5. Mengapresiasi
karya seni tari
Kompetensi Dasar : 5.1.
Mengidentifikasi jenis karya seni tari
tunggal daerah Nusantara
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik
mampu :
- Menjelaskan pengertian tari tunggal
- Menyebutkan
ragam tari tunggal daerah Nusantara
- Membedakan ciri – ciri tari Nusantara
B. Materi Pembelajaran
Ø Tari Tunggal daerah Bali
C. Metode Pembelajaran
Ø Pendekatan CTL, life skill , demonstrasi
D. Langkah-langkah Kegiatan
a)
Kegiatan
Pendahuluan
Tanya
jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan
apresiasi
Menyaksikan pertunjukkan tari
tunggal melalui audio/vcd , TV
b)
Kegiatan
Inti
o Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Mendengarkan penjelasan
pengertian tari tunggal daerah Nusantara
·
Contoh
– contoh tari tunggal daerah Nusantara
·
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
·
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
·
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
o Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·
Mendiskusikan ciri – ciri tari Nusantara
·
Menyebutkan ragam gerak tari tunggal dearah Nusantara
·
Menyaksikan
dan mengamati tari tunggal daerah Nusantara
·
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
·
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
·
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
o Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
·
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
c)
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·
Menanyakan kesulitan siswa selama proses pembelajaran
·
Membuat kesimpulan dari
materi pembelajaran
E. Alat dan Sumber Belajar
Buku
Referensi,Rekaman audio, guru/model
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Mengidentifikasi beragam jenis karya seni tari tunggal
nusantara
Ü
Mengidentifikasi bentuk, tema, fungsi dan makna karya
seni tari nusantara
Ü
Mengungkapkan kesan dan pesan secara lisan tentang tari
tunggal Nusantara.
|
Tes Tertulis
|
Isian Singkat
Uraian
|
Ü Jelaskan dengan singkat
tentang tari tunggal nusantara
Ü Sebutkat nama jenis
tari tunggal berdasarkan daerahnya
Ü Sebutkan perbedaan ciri
dari karya tari tunggal daerah:
o
DKI Jakarta
o
Jawa Tengah
o
Bali
o
Kalimantan
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah
( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004
|
|
Purbalingga
, 18 Juli 2016
Guru Mapel
Seni Budaya
( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930
200501 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP N 1 Kalimanah
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas /
Semester : VIII / 1
Standar
Kompetensi : 5.
Mengekpresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar : 5.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal nusantara
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1. Melakukan apresiasi
terhadap tari tunggal daerah Nusantara
2. Mengungkapkan tentang isi tari tunggal
daerah Nusantara
3. Menyebutkan fungsi tari tunggal di
masyarakat
B. Materi Pembelajaran
Tari Tunggal
1. Tema kepahlawanan
2. Tema kegembiraan
3. Tema romantis
C. Metode Pembelajaran
Demontrasi, diskusi,ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
a.
Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait
dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
b. Kegiatan Inti
o Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru menyiapkan rekaman tari tunggal sesuai tema dan mengajak siswa untuk mengamati
bersama-sama
·
Guru menjelaskan isi tari tunggal sesuai tema, mengulas busana dan riasnya
·
mengamati tayangan penampilan tari tunggal
Nusantara
·
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari;
·
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
·
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
o Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·
Berdiskusi tentang segala sesuatu tentang tari tunggal Nusantara
·
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
·
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
o Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
·
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·
Membuat
kesimpulan hasil diskusi pembelajaran tentang
tari tunggal Nusantara dan menjawab dengan tertulis
E. Alat dan Sumber Belajar
Buku Referensi,Rekaman audio,
guru, kaset tari
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Mendiskripsikan tentang beragam jenis, bentuk,tema, fungsi dan
makna seni tari tunggal nusantara
Ü
Menyebutkan fungsi tari tunggal Nusantara dalam
masyarakat.
|
Tes Tertulis
|
Isian Singkat
Uraian
|
Ü
Presentasikan hasil diskusi kelompok tentang tanggapan terhadap
beragam tari tunggal nusantara
Ü
Sebutkan property tari tunggal berdasarkan tema :
kepahlawanan, kegembiraan dan romantis
!
Ü
Sebutkan kelengkapan busana tari tunggal berdasarkan
tema !
Ü
Jelaskan tata rias tari tema roman!
Ü
Jelskan tema tari tunggal kepahlawanan!
Ü
Jelaskan
fungsi tari romantis
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah
( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004
|
|
Purbalingga
, 18 Juli 2016
Guru Mapel
Seni Budaya
( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930
200501 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 1 Kalimanah
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas /
Semester : VIII / 1
Standar
Kompetensi : 6.
Mengekpresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar : 6.1. Mengekplorasi pola lantai tari tunggal
nusantara
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
1. Membuat eksplorasi gerak tari tunggal
2. Membuat pola lantai gerak
tari tunggal
3. Membuat komposisi tari sederhana
4. Melengkapi tari dengan tat arias dan busana
5. Menampilkan tari hasil ciptaan sendiri
B. Materi Pembelajaran
Komposisi Tari
C. Metode Pembelajaran
Demontrasi,unjukkerja,
D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi
dan apresiasi
b. Kegiatan Inti
o Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menyaksikan, mengamati
ragam gerak tari melalui VCD/kaset
·
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari;
·
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
·
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
o Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·
Mendiskusikan pola lantai yang dipakai dalam tari
·
Berlatih tari sesuai rancangan garapan tari
·
Menampilkan tari yang
sudah direncanakan
·
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
·
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
·
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
o Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
·
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·
Membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok tentang ragam gerak
tari nusantara
E. Alat dan Sumber Belajar
Buku Referensi,Rekaman audio/VCD/kaset, guru/model
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Mencari pola lantai
tari Nusantara
Ü
Menuliskan pola lantai tari tunggal Nusantara
Ü
Memeragakan pola lantai tari ntunggal Nusantara
Ü
Memilih salah satu tari tunggal Nusantara
Ü
Menarikan tari tunggal Nusantara sesuai dengan iringan.
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji petik kerja
|
Ü
Carilah pola lantai yang sesuai untuk susunan ragam
tari tunggal daerah nusantara yang telah kalian pelajari
Ü
Buatlah pola lantai yang sesuai dengan komposisi yang
benar!
Ü
Peragakan rancangan pola lantai kreasi anda !
|
Lembar Pengamatan.
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Macam ragam gerak
|
|
|
|
|
|
2
|
Koordinasi ragam gerak dengan pola lantai
|
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian dengan eksplorasi
|
|
|
|
|
|
4
|
observasi
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 = ( sangat kurang )
2 = ( kurang )
3 = ( cukup )
4 = ( baik )
5 = ( sangat baik)
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah
( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004
|
|
Purbalingga
, 18 Juli 2016
Guru Mapel
Seni Budaya
( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930
200501 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 1 Kalimanah
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas /
Semester :
VIII / 1
Standar
Kompetensi : 6. Mengapresiasi diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar
: 6.2 Memeragakan tari tunggal nusantara
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
1.
Melakukan
gerakan tari tunggal sesuai iringan
2.
Membuat
pola lantai tari tunggal
3.
Menampilkan
tari tunggal sesuai iringan berikut pola lantainya
4.
Menunjukkan
pola lantai gerak tari tunggal
B. Materi Pembelajaran
Tari
tunggal dari daerah Nusantara
C. Metode Pembelajaran
Unjuk kerja,demontrasi
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama, kedua dan ketiga :
a.
Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan
siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
b.
Kegiatan Inti
o Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menyaksikan dan mengamati
tari tunggal secara langsung melalui audio visual
·
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari;
·
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
·
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
o Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·
Mendiskusikan tentan
unsure-unsur tari tunggal
·
Mendiskusikan pola lantai tari tunggal
·
Berlatih tari sesuai garapan komposisi
·
Menampilkan tari tunggal sesuai iringan berikut pola lantainya
·
Menunjukkan pola lantai
gerak tari tunggal
·
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
·
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
·
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
o Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
·
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·
Membuat kesimpulan hasil
peragaan tari tunggal lengkap dengan iringan busana dan tata riasnya
E. Alat dan Sumber Belajar
Buku Referensi,Rekaman audio/VCD/kaset tari nusantara,
guru/model
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Menyajikan bentukTari Tunggal daerah nusantara sesuai
dengan iringannya
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji petik kerja
|
Ü
Peragakan karya tari tunggal berdasarkan tari daerah
nusantara sesuai dengan iringan musiknya.
Ü
Peragakan tari tunggal dengan menggunakan pola lantai
Ü
Sebutkan bentuk-bentuk pola lantai pada tari tunggal !
|
Contoh lembar penilaian
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Ragam gerak
|
|
|
|
|
|
2
|
Kesesuaian ragam gerak dengan
iringan
|
|
|
|
|
|
3
|
Pola lantai dan komposisi gerak
|
|
|
|
|
|
4
|
Kesesuaian dengan busana
|
|
|
|
|
|
5
|
Keserasian gerak tari dengan
tata riasnya musik
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 = ( sangat kurang )
2 = ( kurang )
3 = ( cukup )
4 = ( baik )
5 = ( sangat baik )
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah
( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004
|
|
Purbalingga
, 18 Juli 2016
Guru Mapel
Seni Budaya
( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930
200501 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Kalimanah
Kelas :
VIII (delapan)
Semester :
1 (satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya
/ Seni Teater
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar kompetensi
|
:
|
7. Mengapresiasi karya seni teater
|
Kompetensi dasar
|
:
|
7.1.
Mengidentifikasi jenis karya seni teater
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran diharapkan siswa dapat siswa dapat :
- Menyebutkan 3 ragam teater tradisional Nusantara.
- Menunjukkan perbedaan ciri khas terater tradisional dari dari Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
- Menyebutkan 4 unsur pokok dalam pertunjukan seni teater.
B.
Materi Ajar
- Ragam teater Nusantara
- Ciri khas teater tradisional Nusantara
- Unsur – unsur dalam seni teater
C.
Metode Pembelajaran
Metode pendekatan
CTL dan Life Skill
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
Tanya
jawab tentang berbagai hal yang terkait dengan seni teater Nusantara.
b. Kegiatan Inti
o Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Memperlihatkan salah satu
jenis karya seni teater tradisional Nusantara.
·
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan belajar dari aneka sumber;
·
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
·
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
o Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·
Tanya jawab tentang ragam teater tradisional Nusantara terutama Jawa dan
Bali.
·
Mendiskusikan tentang ciri khas teater tradisional Nusantara beserta dengan
unsur – unsur pendukungnya
·
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
·
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
·
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
o Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
·
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·
Membuat
kesimpulan hasil diskusi dalam mengidentifikasi seni teater Nusantara.
E. Sumber
Belajar
- Buku “ Seni Budaya
- DVD, VCD, CD, Kaset, Guru.
- Contoh karya
seni teater tradisional Nusantara.
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Menyebutkan
beragam pertunjukan seni teater Nusantara
Ü
Menunjukan beragam ciri khas teater dari beberapa
daerah di Nusantara
Ü
Mengindetifikasi unsur dan ciri khas berdasarkan teater
Nusantara yang ditonton
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
Ü
Sebutkan 3 pertunjukan teater nusantara yang kamu kenal
Ü
Jelaskan dengan singkat ciri khas teater yang berasal
dari ... (daerah di Nusantara )
Ü
Sebutkan ciri kas teater tradisional dari
daerah Nusantara di bawah ini ;
a. Jawa Barat c. Jawa Timur
b. Jawa Tengah
d. Bali
Ü
Sebutkan unsur – unsur pokok dalam pertunjuakn seni teater Nusantara!
Ü
Sebutkan
3 ragam teater modern di Indonesia!
Ü
Bagaimanaikah
ide dasar / gagasan dalam perkembangan teater di Indonesia ?
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah
( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004
|
|
Purbalingga
, 18 Juli 2016
Guru Mapel
Seni Budaya
( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930
200501 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Kalimanah
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester : VIII 1 (satu / Gasal)
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar kompetensi
|
:
|
7. Mengapresiasi karya seni teater
|
Kompetensi dasar
|
:
|
7.2.
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater
Nusantara
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran diharapkan siswa dapat siswa dapat :
- Memberikan penilaian secara pribadi secara tertulis terhadap keunikan / keindahan dan pesan moral seni teater Nusantara (teater Didong dari Aceh)
B. Materi
Ajar
- Ragam teater Nusantara : Didong teater tradisional Aceh.
C. Metode
Pembelajaran
1.
Metode
pendekatan CTL dan Life Skill
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
Tanya
jawab tentang identifikasi seni teater tradisional Nusantara.
b. Kegiatan Inti
o Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menyaksikan
/mengamati pertunjukan teater tradisional Nusantara (Didong dari Aceh).
·
Menuliskan keunikan/keindahan dari teater yang disaksikan.
·
Tanya jawab tentang pesan moral dari ragam teater tradisional Nusantara
yang disaksikan.
·
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
·
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
·
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
o Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
·
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
·
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
o Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
·
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·
Mengumpulkan hasil tulisan
pendapat secara pribadi terhadap pertunjukan seni tradisional “Didong” dari
Aceh.
E. Sumber
Belajar
- Buku “ Seni Budaya
- DVD, VCD, CD, Kaset, Guru.
- karya seni
teater tradisional “Didong” dari Aceh.
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah
( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004
|
|
Purbalingga
, 18 Juli 2016
Guru Mapel
Seni Budaya
( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930
200501 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Kalimanah
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester : VIII / 1 (Satu / Gasal)
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar kompetensi
|
:
|
8. Mengekspresikan diri melaui karya seni
teater
|
Kompetensi dasar
|
:
|
8.1.
Mengeksplorasi teknik olah tubuh, suara dan olah pikir.
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran diharapkan siswa dapat siswa dapat :
- Menemukan teknik lanjutan olah tubuh, suara dan olah pikir.
B. Materi
Ajar
- Seni peran
C. Metode
Pembelajaran
2.
Metode
pendekatan CTL dan Life Skill
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
Tanya
jawab tentang materi seni peran.
b. Kegiatan Inti
o Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan belajar dari aneka sumber;
·
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
·
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau depan kelas.
o Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
·
Latihan teknik dasar olah tubuh, olah pikir dan olah suara.
·
Latihan kelenturan tubuh
·
Latihan kelenturan wajah untuk ekspresi
·
Latihan pernafasan, artikulasi dan volume suara
·
Berkelompok untuk latihan peran sesuai tema pada babak I cerita “Ande –
ande lumut”.
·
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
·
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
o Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
·
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
c. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program
pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
- Buku “ Seni Budaya
- DVD, VCD, CD, Kaset, Guru.
- Musik untuk
mengiringi latihan.
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Menemukan teknik lanjutan olah
tubuh, suara dan olah pikir.
|
Tes praktik/ kinerja
|
Tes uji petik kerja
|
Ü
Carilah teknik lanjutan untuk :
a. olah tubuh
b. olah pikir
c. olah suara.
|
Uji
petik produk
No urut
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Olah tubuh
|
|
|
|
|
|
2
|
Olah suara
|
|
|
|
|
|
3
|
Olah pikir
|
|
|
|
|
|
4
|
kreativitas
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah
( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004
|
|
Purbalingga
, 18 Juli 2016
Guru Mapel
Seni Budaya
( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930
200501 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N 1 Kalimanah
Kelas :
VIII (delapan)
Semester : 1
(satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya /
Seni Teater
Alokasi Waktu : 4 jam
pelajaran ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi
|
:
|
8. Mengekspresikan diri melaui karya seni
teater
|
Kompetensi dasar
|
:
|
8.2. Merancang pertunjukan
seni teater Nusantara.
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran diharapkan siswa dapat siswa dapat :
- Merancang dekorasi panggung pertunjukan seni teater Nusantara.
- Meracang pementasan karya seni teater Nusantara.
B.
Materi Ajar
- Dekorasi panggung
- Pementasan karya
C.
Metode Pembelajaran
Metode pendekatan
CTL dan Life Skill
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
Tanya
jawab tentang unsur – unsur dalam pertunjukan seni teater.
b. Kegiatan Inti
o Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Bertanya jawab tentang bentuk, jenis, dan dekorasi panggung.
·
Membauat rancangan dekorasi panggung dan pementasan karya seni teater.
·
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
·
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
·
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
o Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
·
Bertanya jawab tentang unsur dan aspek dalam seni drama.
·
Penugasan untuk membuat
naskah karya drama secara kelompok.
·
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
·
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
o Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
·
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·
Mengumpulkan hasil
rancangan panggung dan pementasan karya.
E. Sumber
Belajar
- Buku “ Seni Budaya
- DVD, VCD, CD, Kaset, Guru.
- Pertunjukan seni
teater Nusantara.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
Membuat rancangan naskah teater Nusantara
|
Tes praktik/ kinerja
|
Tes uji petik kerja
|
Ü
Buatlah rancangan naskah
pertunjukan teater daerah Nusantara.
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah
( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004
|
|
Purbalingga
, 18 Juli 2016
Guru Mapel
Seni Budaya
( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930
200501 1 005
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar