"AL 'ILMU BILAA 'AMALIN KASSYAJAROTI BILAA TSAMARIN" (ILMU TIADA AMALAN BAGAIKAN POHON TAK BERBUAH) - Al Mahfudzat

RPP

















R P P

KELAS VIII
SEMESTER 1























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                :   SMP N 1 Kalimanah
Mata Pelajaran                   :   Seni Budaya / Seni Musik
Kelas / Semester                  :   VIII / 1 (Satu / Gasal )
Alokasi Waktu                    :   2 x 40 menit
Standar Kompetensi           :   3.    Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar              :   3.1. Mengidentifikasi jenis lagu Nusantara
                                                3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap   keunikan lagu Nusantara.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1.      Menentukan ragam musik nusantara dari lagu yang diperdengarkan.
2.      Membedakan elemen-elemen musik, irama, warna, tempo, nada, dinamika lagu dari beragam musik Nusantara.
3.      Mendeskripsikan makna lagu Nusantara yang diperdengarkan.
4.      Menyajikan lagu etnik daerah Nusantara. ( lagu “Kampuang Nan Jauh Dimato“)
5.      Menyebutkan keunikan-keunikan lagu etnik nusantara yang diperdengarkan.

B.     MATERI AJAR
1.      Musik Nusantara.
2.      Lagu-lagu Nusantara.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Demonstrasi, Tanya jawab, Diskusi Kelompok.
Model Pendekatan CTL dan Life Skill.

D.     LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama,kedua dan ketiga :
a.       Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan apersepsi.
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

b.      Kegiatan Inti
o  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menjelaskan makna dan jenis lagu/musik Nusantara.  
·         Memberi kesempatan siswa untuk mendengarkan lagu-lagu etnik daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau Guru.
·         Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang jenis-jenis lagu yang berkembang di wilayah Nusantara;
·         Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         Memfasilitasi peserta didik menyanyikan lagu yang ada dalam buku materi..

o  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna dengan penuh tanggungjawab
·         Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis secara kreatif
·         Bertanya jawab tentang ragam musik Nusantara.
·         Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada serta dinamik lagu etnik Nusantara.
·         Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan
·         Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak dengan penuh percaya diri
·         Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok dengan penuh tanggungjawab
·         Memfasilitasi peserta didik untuk menyanyikan lagu-lagu Nusantara

o  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

c.       Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Alat/ SUMBER BELAJAR
Buku “Seni Budaya
Lagu dareah “Kampuang Nan Jauh Dimato”
VCD/CD/kaset, Guru.

F.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menyebutkan jenis-jenis lagu Nusantara
Ü  Mengidentifikasi ciri dari lagu Nusantara
Ü  Menyebutkan contoh lagu Nusantara
Tes
Lisan



Daftar pertanyaan



Ü  Sebutkan 3 jenis lagu Nusantara
Ü  Jelaskan ciri-ciri lagu Anak-anak
Ü  Jelaskan ciri-ciri lagu Perjuangan
Ü  Berilah 4 contoh lagu Nusantara yang termasuk dalam ragam musik perjuangan !



Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah


( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004

Purbalingga ,   18   Juli  2016   

Guru Mapel Seni Budaya


( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930 200501 1 005



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                :   SMP N 1 Kalimanah
Mata Pelajaran                   :   Seni Budaya / Seni Musik
Kelas / Semester                  :   VIII / 1 (Satu / Gasal )
Alokasi Waktu                    :   2 x 40 menit
Standar Kompetensi           :   3.    Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar               :   3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap   keunikan lagu Nusantara.               


A.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1.      Menentukan ragam musik Keroncong dari lagu yang diperdengarkan.
2.      Membedakan elemen-elemen musik, irama, warna, tempo, nada, dinamika lagu dari beragam musik Keroncong.
3.      Mendeskripsikan makna lagu Keroncong yang diperdengarkan.
4.      Menyebutkan keunikan-keunikan lagu Keroncong yang diperdengarkan.

B.       MATERI AJAR
1.      Musik Nusantara.
2.      Lagu-lagu Keroncong.

C.       METODE PEMBELAJARAN
Demonstrasi, Tanya jawab, Diskusi Kelompok.
Model Pendekatan CTL dan Life Skill.

D.       LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
a.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan apersepsi.
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

b.      Kegiatan Inti
o  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menjelaskan tiga jenis Keroncong di  Nusantara.  
·         Memberi kesempatan siswa untuk mendengarkan lagu-lagu Keroncong melalui LCD/VCD/CD/MP3 atau Guru.
·         Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang ciri-ciri lagu Keroncong;
·         Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

o  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna dengan penuh tanggungjawab
·         Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis secara kreatif
·         Bertanya jawab tentang perbedaan dari ketiga ragam musik Keroncong.
·         Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik Keroncong seperti birama, syair, interlude, bentuk lagu, tempo, serta dinamik lagu Keroncong.
·         Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan
·         Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak dengan penuh percaya diri
·         Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok dengan penuh tanggungjawab
·         Memfasilitasi peserta didik untuk menyanyikan lagu-lagu Keroncong

o  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

c.      Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.       ALAT/ SUMBER BELAJAR
Buku “Seni Budaya
Lagu dareah “Kampuang Nan Jauh Dimato”
VCD/CD/kaset, Guru.

F.        PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendiskripsikan perbedaan lagu Keroncong Asli, Langgam, dan Stambul
Tes
Lisan

Tes Tertulis
Daftar pertanyaan

Tes Uraian
Ü  Sebutkan 3 jenis lagu Keroncong di Nusantara
Ü  Jelaskan ciri-ciri lagu Keroncong Asli
Ü  Berilah 3 contoh lagu Keroncong Langgam
Ü  Sebutkan perbedaan Lagu Keroncong Asli dan Langgam



Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah


( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004

Purbalingga ,   18   Juli  2016   

Guru Mapel Seni Budaya


( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930 200501 1 005



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP Negeri 1 Kalimanah
Mata Pelajaran
:
Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas / Semester
:
VIII / I (Satu / Gasal)
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit
Standar kompetensi
:
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni 
Kompetensi dasar
:
4.1 Mengaransir secara sederhana karya lagu etnik Nusantara dalam bentuk paduan suara

A.     Tujuan Pembelajaran
1.      Menyanyikan lagu “Tanah Tumpah Darahku”
2.      Mengaransir lagu “Tanah Tumpah Darahku” dengan memberikan melodi keduanya.
3.      Menyanyikan hasil aransmen sederhana lagu “Tanah Tumpah Darahku” secara kelompok dalam satu suara.
4.      Menyanyikan hasil aransmen sederhana lagu “Tanah Tumpah Darahku” secara kelompok dalam dua suara.
5.      Menampilkan hasil aransmen sederhana lagu “Tanah Tumpah Darahku” dalam bentuk ansambel musik.

B.     Materi Ajar
a. Paduan Suara
b. Musik Ansambel

C.     Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life skill.

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
a.       Kegiatan pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

b.      Kegiatan Inti
o  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Memberi kesempatan peserta didik menyanyikan lagu “Tanah Tumpah Darahku
·         Mengaransir secara sederhana dengan memberikan melodi kedua dari lagu “Tanah Tumpah Darahku”.
·         Memfasilitasi peserta didik menentukan jenis suara 1 dan 2 dengan mengetahui wilayah ambitus suara masing-masing melalui tangganada.

o  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Menampilkan aransemen lagu “Tanah Tumpah Darahku” dalam suara satu secara berkelompok.
·         Menampilkan aransemen lagu “Tanah Tumpah Darahku” dalam suara dua secara berkelompok.
·         Memfasilitasi peserta didik membuat kelompok dengan anggota suara satu dan suara dua;
·         Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         Memfasilitasi peserta didik berlatih secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan belajar kelompoknya;
·         Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil latihan kelompoknya;
·         Memfasilitasi peserta didik melakukan pementasan/pertunjukan/penampilan secara kelompok di kelas;

o  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat simpulan  pelajaran;
·         Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·         Membuat kesimpulan hasil latihan tentang karya dan penampilan hasil aransmen musik tiap kelompok.

E.     Alat/Sumber Belajar
v  Audio Visual / pertunjukan Musik Nusantara.
v  Buku “Seni Budaya .
v  Alat musik

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Memainkan hasik aransemen lagu etnik Nusantaral
Ü  Menampilkan hasil aransemen dalam bentuk ansambel

Tes praktik/
kinerja

Tes Uji Petik Kerja

Ü  Aransirlah lagu etnik Nusantara dengan nada yang tepat
Ü  Mainkanlah hasil aransemen lagu etnik Nusantara
Ü  Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan vokal/alat musik (sumber bunyi) yang dipilih


Format Penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Ketrampilan bermain musik





2
Kekompakan kelompok





3
Harmoni





4
Kreativitas





5
Penampilan






Jumlah





Keterangan ceklis pada angka  :
            1 = sangat kurang .2 = kurang  3 = cukup        4 = baik           5 -= sangat baik                      

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah


( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004

Purbalingga ,   18   Juli  2016   
Guru Mapel Seni Budaya


( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930 200501 1 005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             :   SMP Negeri 1 Kalimanah
Mata Pelajaran                :   Seni Budaya/Seni Musik
Kelas/Semester                :   VIII / 1 (satu)
Alokasi Waktu                 :   2 x 40 menit  
Standar kompetensi
:
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
4.2 Menampilkan hasil aransemen karya lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel.

A.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
§  Berlatih teknik memainkan rekorder sopran pada lagu “Tanah Tumpah Darahku“ sesuai dengan partitur.
§  Berlatih teknik memainkan pianika pada lagu “Tanah Tumpah Darahku“ sesuai dengan partitur.
§  Menuliskan pola irama lagu yang sesuai pada lagu model “Tanah Tumpah Darahku“.
§  Memainkan aransemen sederhana lagu “Tanah Tumpah Darahku“
§  Menyajikan aransemen lagu “Tanah Tumpah Darahku“  dalam bentuk musik ansambel.

B.     Materi Ajar
a. Musik Ansambel
b. Aransmen Musik sederhana.

C.     Metode
Model Pendekatan CTL dan Lifeskill

D.     Langkah – langkah Pembelajaran
a.  Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apersepsi.
Tanya jawab tentang berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan.

b.  Kegiatan Inti
o  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Mengajak siswa untuk menyanyikan lagu model “Tanah Tumpah Darahku“.
·         Melibatkan peserta didik untuk berlatih memainkan Rekorder Sopran
·         Melibatkan peserta didik untuk berlatih memainkan Pianika
·         Menggunakan beragam pendekatan metode pembelajaran dan media pembelajaran untuk menyampaikan materi lagu
·         Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         Memfasilitasi peserta didik memainkan lagu “Tanah Tumpah Darahku”.

o  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Mendiskusikan tentang elemen musik yaitu irama
·         Menerangkan pola irama
·         Bersama siswa merasakan pola irama dengan tepukan
·         Berlatih teknik memainkan alat musik rekorder sopran dan pianika
·         Mendiskusikan pola irama  yang sesuai untuk mengiringi lagu “Tanah Tumpah Darahku”. bersama kelompoknya
·         Menerangkan aransemen musik
·         Menerangkan pembagian alat musik pada ansamble musik
·         Membimbing siswa memainkan aransemen lagu “Tanah Tumpah Darahku”. bersama kelompoknya.
·         Membimbing siswa menyajikan lagu “Tanah Tumpah Darahku” dalam bentuk ansambel.
·         Memfasilitasi peserta didik melakukan pertunjukan dari produk yang dihasilkan;

o  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat simpulan  pelajaran;
·         Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Sumber Belajar
- Buku “Seni Budaya .
- Lagu Model
- Gitar, Tamborine, Triangel, Kastanyet, Pianika, Rekorder Sopran.

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Memeainkan lagu ”Tanah Tumpah Darahku” dengan Ansambel Musik

Tes praktik/
kinerja

Tes Uji Petik Kerja

Ü  Mainkan lagu ”Tanah Tumpah Darahku” dengan Recorder
Ü  Mainkan lagu ”Tanah Tumpah Darahku” dengan Pianika





Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah


( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004

Purbalingga ,   18   Juli  2016   

Guru Mapel Seni Budaya


( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930 200501 1 005









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                          :  SMP Negeri 1 Kalimanah

Mata Pelajaran             :  Seni Budaya/Seni Tari

Kelas / Semester                        :  VIII / 1
Standar Kompetensi      :  5.    Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar         :  5.1.  Mengidentifikasi jenis karya seni tari  tunggal daerah Nusantara
Alokasi Waktu               : 2  x 40 menit            
              

A.     Tujuan Pembelajaran   :

Peserta didik mampu  :
-  Menjelaskan pengertian tari tunggal
-  Menyebutkan ragam tari tunggal daerah Nusantara
-  Membedakan ciri – ciri tari Nusantara

B.     Materi Pembelajaran

Ø  Tari Tunggal daerah Bali

C.     Metode Pembelajaran

Ø  Pendekatan CTL, life skill , demonstrasi

D.     Langkah-langkah Kegiatan

a)      Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     
Menyaksikan pertunjukkan tari tunggal melalui audio/vcd , TV     

b)      Kegiatan Inti
o  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Mendengarkan penjelasan pengertian tari tunggal daerah Nusantara
·         Contoh – contoh tari tunggal daerah Nusantara
·         melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

o  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·         memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·         Mendiskusikan ciri – ciri tari Nusantara
·         Menyebutkan ragam gerak tari tunggal dearah Nusantara
·         Menyaksikan dan mengamati tari tunggal daerah Nusantara
·         memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

o  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c) Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·         Menanyakan kesulitan siswa selama proses pembelajaran
·         Membuat kesimpulan dari materi pembelajaran

E.     Alat dan Sumber Belajar

Buku Referensi,Rekaman audio, guru/model

F.      Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi beragam jenis karya seni tari tunggal nusantara
Ü  Mengidentifikasi bentuk, tema, fungsi dan makna karya seni tari nusantara
Ü  Mengungkapkan kesan dan pesan secara lisan tentang tari tunggal Nusantara.

Tes Tertulis


Isian Singkat


Uraian

Ü  Jelaskan dengan singkat tentang tari tunggal nusantara
Ü  Sebutkat nama jenis tari tunggal berdasarkan daerahnya
Ü  Sebutkan perbedaan ciri dari karya tari tunggal daerah:
o   DKI Jakarta
o   Jawa Tengah
o   Bali
o   Kalimantan  
           

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah


( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004

Purbalingga ,   18   Juli  2016   

Guru Mapel Seni Budaya


( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930 200501 1 005
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                          :  SMP N 1 Kalimanah

Mata Pelajaran             :  Seni Budaya/Seni Tari

Kelas / Semester                        :  VIII / 1
Standar Kompetensi      :  5.    Mengekpresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar         :  5.2. Menunjukkan  sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal  nusantara
Alokasi Waktu               :  2 x 40 menit

A.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik  mampu :
1.      Melakukan apresiasi terhadap tari tunggal daerah Nusantara
2.      Mengungkapkan tentang isi tari tunggal daerah Nusantara
3.      Menyebutkan fungsi tari tunggal di masyarakat

B.     Materi Pembelajaran

Tari Tunggal
1.      Tema kepahlawanan
2.      Tema kegembiraan
3.      Tema romantis

C.     Metode Pembelajaran

Demontrasi, diskusi,ceramah

D.     Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

b. Kegiatan Inti
o  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menyiapkan rekaman tari tunggal sesuai tema dan mengajak siswa untuk mengamati bersama-sama
·         Guru menjelaskan isi tari tunggal sesuai tema, mengulas busana dan riasnya
·         mengamati tayangan penampilan tari tunggal Nusantara
·         melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

o  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·         memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·         Berdiskusi tentang segala sesuatu tentang tari tunggal Nusantara
·         memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

o  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·         Membuat kesimpulan hasil diskusi pembelajaran tentang  tari tunggal Nusantara dan       menjawab dengan tertulis

E.     Alat dan Sumber Belajar

Buku Referensi,Rekaman audio, guru, kaset tari

F.      Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendiskripsikan tentang beragam jenis, bentuk,tema, fungsi dan makna seni tari tunggal nusantara
Ü  Menyebutkan fungsi tari tunggal Nusantara dalam masyarakat.

Tes Tertulis


Isian Singkat


Uraian

Ü  Presentasikan hasil diskusi kelompok tentang tanggapan terhadap beragam tari tunggal nusantara
Ü  Sebutkan property tari tunggal berdasarkan tema : kepahlawanan, kegembiraan dan  romantis !
Ü  Sebutkan kelengkapan busana tari tunggal berdasarkan tema !
Ü  Jelaskan tata rias tari tema roman!
Ü  Jelskan tema tari tunggal kepahlawanan!
Ü  Jelaskan fungsi tari romantis


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah


( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004

Purbalingga ,   18   Juli  2016   

Guru Mapel Seni Budaya


( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930 200501 1 005


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                          :   SMP Negeri 1 Kalimanah

Mata Pelajaran             :   Seni Budaya/Seni Tari

Kelas / Semester                        :   VIII / 1
Standar Kompetensi      :   6.    Mengekpresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar         :   6.1. Mengekplorasi pola lantai tari tunggal nusantara
Alokasi Waktu               :   2 x 40 menit

                       

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat
1.      Membuat eksplorasi gerak tari tunggal
2.      Membuat pola lantai gerak tari tunggal
3.      Membuat komposisi tari sederhana
4.      Melengkapi tari dengan tat arias dan busana
5.      Menampilkan tari hasil ciptaan sendiri

B. Materi Pembelajaran

Komposisi Tari

C. Metode Pembelajaran

Demontrasi,unjukkerja,

D. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

b. Kegiatan Inti
o  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menyaksikan, mengamati ragam gerak tari melalui VCD/kaset
·         melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

o  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·         memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·         Mendiskusikan pola lantai yang dipakai dalam tari
·         Berlatih tari sesuai rancangan garapan tari
·         Menampilkan tari yang sudah direncanakan
·         memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

o  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·         Membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok tentang ragam gerak tari nusantara

E. Alat dan Sumber Belajar

Buku Referensi,Rekaman audio/VCD/kaset, guru/model

F. Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mencari pola lantai  tari Nusantara
Ü  Menuliskan pola lantai tari tunggal Nusantara
Ü  Memeragakan pola lantai tari ntunggal Nusantara
Ü  Memilih salah satu tari tunggal Nusantara
Ü  Menarikan tari tunggal Nusantara sesuai dengan iringan.

Tes praktik/
kinerja

Tes Uji petik kerja


Ü  Carilah pola lantai yang sesuai untuk susunan ragam tari tunggal daerah nusantara yang telah kalian pelajari
Ü  Buatlah pola lantai yang sesuai dengan komposisi yang benar!
Ü  Peragakan rancangan pola lantai kreasi anda !
     
     Lembar Pengamatan.
NO
Aspek yang dinilai
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
5
1
Macam ragam gerak





2
 Koordinasi ragam gerak dengan pola lantai





3
Kesesuaian dengan eksplorasi





4
observasi






Jumlah






Keterangan :
1 =  ( sangat kurang )
2 = ( kurang )
3 = ( cukup )
4 = ( baik )
5 = ( sangat baik)


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah


( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004

Purbalingga ,   18   Juli  2016   

Guru Mapel Seni Budaya


( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930 200501 1 005


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 

Sekolah                          :   SMP Negeri 1 Kalimanah

Mata Pelajaran             :   Seni Budaya/Seni Tari

Kelas / Semester                        :   VIII / 1
Standar Kompetensi      :   6.   Mengapresiasi diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar         :   6.2 Memeragakan tari tunggal nusantara
Alokasi Waktu               :   2 x 40 menit
     
     

A.     Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu
1.      Melakukan gerakan tari tunggal sesuai iringan
2.      Membuat pola lantai tari tunggal
3.      Menampilkan tari tunggal sesuai iringan berikut pola lantainya
4.      Menunjukkan pola lantai gerak tari tunggal

B.     Materi Pembelajaran

Tari tunggal dari daerah Nusantara

C.     Metode Pembelajaran

Unjuk kerja,demontrasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan pertama, kedua dan ketiga :
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

b. Kegiatan Inti
o  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menyaksikan dan mengamati tari tunggal secara langsung melalui audio visual
·         melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

o  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·         Mendiskusikan tentan unsure-unsur tari tunggal
·         Mendiskusikan pola lantai tari tunggal
·         Berlatih tari sesuai garapan komposisi
·         Menampilkan tari tunggal sesuai iringan berikut pola lantainya
·         Menunjukkan pola lantai gerak tari tunggal
·         memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

o  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·         Membuat kesimpulan hasil peragaan tari tunggal lengkap dengan iringan busana dan  tata riasnya

E. Alat dan Sumber Belajar

Buku Referensi,Rekaman audio/VCD/kaset tari nusantara, guru/model

 

F. Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menyajikan bentukTari Tunggal daerah nusantara sesuai dengan iringannya

Tes praktik/
kinerja

Tes Uji petik kerja


Ü  Peragakan karya tari tunggal berdasarkan tari daerah nusantara sesuai dengan iringan musiknya.
Ü  Peragakan tari tunggal dengan menggunakan pola lantai
Ü  Sebutkan bentuk-bentuk pola lantai pada tari tunggal !

Contoh lembar penilaian
NO
Aspek yang dinilai
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
5
1
Ragam gerak





2
Kesesuaian ragam gerak dengan iringan





3
Pola lantai dan komposisi gerak





4
Kesesuaian dengan busana





5
Keserasian gerak tari dengan tata riasnya musik






Jumlah






Keterangan :
1 =  ( sangat kurang )
2 = ( kurang )
3 = ( cukup )
4 = ( baik )
5 = ( sangat baik )


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah


( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004

Purbalingga ,   18   Juli  2016   

Guru Mapel Seni Budaya


( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930 200501 1 005









































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             :   SMP Negeri 1 Kalimanah
Kelas                                :   VIII (delapan)
Semester                           :   1 (satu)
Mata Pelajaran                :   Seni Budaya / Seni Teater
Alokasi Waktu                 :   2  jam pelajaran
Standar kompetensi
:
7. Mengapresiasi karya seni teater
Kompetensi dasar
:
7.1. Mengidentifikasi jenis karya seni teater

A.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran diharapkan siswa dapat siswa dapat :
  1. Menyebutkan 3 ragam teater tradisional Nusantara.
  2. Menunjukkan perbedaan ciri khas terater tradisional dari dari Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  3. Menyebutkan 4 unsur pokok dalam pertunjukan seni teater.  

B.     Materi Ajar
  1. Ragam teater Nusantara
  2. Ciri khas teater tradisional Nusantara
  3. Unsur – unsur dalam seni teater

C.     Metode Pembelajaran
Metode pendekatan CTL dan Life Skill

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
a.   Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Tanya jawab tentang berbagai hal yang terkait dengan seni teater Nusantara.

b.   Kegiatan Inti
o  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Memperlihatkan salah satu jenis karya seni teater tradisional Nusantara.
·         melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan belajar dari aneka sumber;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

o  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·         Tanya jawab tentang ragam teater tradisional Nusantara terutama Jawa dan Bali.
·         Mendiskusikan tentang ciri khas teater tradisional Nusantara beserta dengan unsur – unsur pendukungnya
·         memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

o  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·         Membuat kesimpulan hasil diskusi dalam mengidentifikasi seni teater Nusantara.

E.     Sumber Belajar
-   Buku “ Seni Budaya
-   DVD, VCD, CD, Kaset, Guru.
-   Contoh karya seni teater tradisional Nusantara.

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menyebutkan        beragam pertunjukan seni teater Nusantara
Ü  Menunjukan beragam ciri khas teater dari beberapa daerah di Nusantara
Ü  Mengindetifikasi unsur dan ciri khas berdasarkan  teater  Nusantara yang ditonton

Tes tertulis

Tes uraian

Ü  Sebutkan 3 pertunjukan teater nusantara yang kamu kenal
Ü  Jelaskan dengan singkat ciri khas teater yang berasal dari ...    (daerah di Nusantara )
Ü  Sebutkan ciri kas teater tradisional dari daerah Nusantara di bawah ini ;
a. Jawa Barat       c.  Jawa Timur
b. Jawa Tengah     d.  Bali
Ü  Sebutkan  unsur – unsur pokok dalam pertunjuakn seni teater Nusantara!
Ü  Sebutkan 3 ragam teater modern di Indonesia!
Ü  Bagaimanaikah ide dasar / gagasan dalam perkembangan teater di Indonesia ?


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah


( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004

Purbalingga ,   18   Juli  2016   

Guru Mapel Seni Budaya


( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930 200501 1 005
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :    SMPN 1 Kalimanah
Mata Pelajaran                :    Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester               :    VIII 1 (satu / Gasal)
Alokasi Waktu                  :    2  jam pelajaran
Standar kompetensi
:
7. Mengapresiasi karya seni teater
Kompetensi dasar
:
7.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara

A.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran diharapkan siswa dapat siswa dapat :
  1. Memberikan penilaian secara pribadi secara tertulis terhadap keunikan / keindahan dan pesan moral seni teater Nusantara (teater Didong dari Aceh)

B.     Materi Ajar
  1. Ragam teater Nusantara : Didong teater tradisional Aceh.

C.     Metode Pembelajaran
1.      Metode pendekatan CTL dan Life Skill

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
a.   Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Tanya jawab tentang identifikasi seni teater tradisional Nusantara.

b.   Kegiatan Inti
o  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menyaksikan /mengamati pertunjukan teater tradisional Nusantara (Didong dari Aceh).
·         Menuliskan keunikan/keindahan dari teater yang disaksikan.
·         Tanya jawab tentang pesan moral dari ragam teater tradisional Nusantara yang disaksikan.
·         melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
o  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·         memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

o  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·         Mengumpulkan hasil tulisan pendapat secara pribadi terhadap pertunjukan seni tradisional “Didong” dari Aceh.

E.     Sumber Belajar
-   Buku “ Seni Budaya
-   DVD, VCD, CD, Kaset, Guru.
-   karya seni teater tradisional “Didong” dari Aceh.

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Memberikan penilaian terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater Nusantara
Tes tertulis

Tes uraian

Ü  Apakah yang dimaksud dengan unsur-unsur teater Nusantara?
Ü  Tuliskan keunikan dan pesan moral dari teater Nusantara yang kamu tonton



Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah


( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004

Purbalingga ,   18   Juli  2016   

Guru Mapel Seni Budaya


( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930 200501 1 005












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                         :    SMPN 1 Kalimanah
Mata Pelajaran            :    Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester           :    VIII / 1 (Satu / Gasal)
Alokasi Waktu              :    2  jam pelajaran
Standar kompetensi
:
8. Mengekspresikan diri melaui karya seni teater
Kompetensi dasar
:
8.1. Mengeksplorasi teknik olah tubuh, suara dan olah pikir.

A.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran diharapkan siswa dapat siswa dapat :
  1. Menemukan teknik lanjutan  olah tubuh, suara dan olah pikir.

B.     Materi Ajar
  1. Seni peran

C.     Metode Pembelajaran
2.      Metode pendekatan CTL dan Life Skill

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
a.   Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Tanya jawab tentang materi seni peran.

b.   Kegiatan Inti
o  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan belajar dari aneka sumber;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau depan kelas.
o  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·         memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         Latihan teknik dasar olah tubuh, olah pikir dan olah suara.
·         Latihan kelenturan tubuh
·         Latihan kelenturan wajah untuk ekspresi
·         Latihan pernafasan, artikulasi dan volume suara
·         Berkelompok untuk latihan peran sesuai tema pada babak I cerita “Ande – ande lumut”.
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

o  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Sumber Belajar
-   Buku “ Seni Budaya
-   DVD, VCD, CD, Kaset, Guru.
-   Musik untuk mengiringi latihan.

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menemukan teknik lanjutan  olah tubuh, suara dan olah pikir.
Tes praktik/ kinerja

Tes uji petik kerja

Ü  Carilah teknik lanjutan untuk :
a. olah tubuh
b. olah pikir
c. olah suara.

Uji petik produk                                             
No urut
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Olah tubuh





2
Olah suara





3
Olah pikir





4
kreativitas





           
           


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah


( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004

Purbalingga ,   18   Juli  2016   

Guru Mapel Seni Budaya


( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930 200501 1 005







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :    SMP N 1 Kalimanah
Kelas                            :   VIII (delapan)
Semester                       :   1 (satu)
Mata Pelajaran            :   Seni Budaya / Seni Teater
Alokasi Waktu             :   4  jam pelajaran  ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi
:
8. Mengekspresikan diri melaui karya seni teater
Kompetensi dasar
:
8.2. Merancang pertunjukan seni teater Nusantara.


A.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran diharapkan siswa dapat siswa dapat :
  1. Merancang dekorasi panggung pertunjukan seni teater Nusantara.
  2. Meracang pementasan karya seni teater Nusantara.

B.     Materi Ajar
  1. Dekorasi panggung
  2. Pementasan karya

C.     Metode Pembelajaran
Metode pendekatan CTL dan Life Skill

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a.   Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Tanya jawab tentang unsur – unsur dalam pertunjukan seni teater.

b.   Kegiatan Inti
o  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Bertanya jawab tentang bentuk, jenis, dan dekorasi panggung.
·         Membauat rancangan dekorasi panggung dan pementasan karya seni teater.
·         melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

o  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·         memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         Bertanya jawab tentang unsur dan aspek dalam seni drama.
·         Penugasan untuk membuat naskah karya drama secara kelompok.
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

o  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·         Mengumpulkan hasil rancangan panggung dan pementasan karya.

E.     Sumber Belajar
-   Buku “ Seni Budaya
-   DVD, VCD, CD, Kaset, Guru.
-   Pertunjukan seni teater Nusantara.

Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat rancangan naskah teater Nusantara
Tes praktik/ kinerja

Tes uji petik kerja

Ü  Buatlah rancangan naskah  pertunjukan teater daerah Nusantara.
           


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Kalimanah


( Eko Budi Santosa, S.Pd. M. Pd.)
NIP : 19630210 198902 1 004

Purbalingga ,   18   Juli  2016   

Guru Mapel Seni Budaya


( Abdul Basir, S. Pd. )
NIP : 19690930 200501 1 005




Tidak ada komentar:

Posting Komentar