SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP N 1 KALIMANAH
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya (SENI RUPA)
Standar Kompetensi :1. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran*
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Mengidentifikasi jenis
karya seni rupa terapan Nusantara
|
·
Tekstils dalam kehidupan manusia
·
Bahan dasar Tekstils nusantara
·
Jenis-jenis Tekstil di nusantara
|
·
Mencari dan
mendiskusi kan keragaman jenis
tekstil nusantara
·
Mengklasifikasi makna dan fungsi Tekstil nusantara
|
·
Menunjukkan keaneka-ragaman jenis, bahan dan teknik
pembuatan tekstil nusantara,
·
Mampu mendeskripsikan makna dan fungsi Tekstils nusantara
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
·
Buat klasifikasi keragaman jenis tekstil nusantara
berdasar bahan dan teknik pembuatannya
· Jelaskan makna dan
fungsi tekstil nusantara
|
1jp
|
Media cetak
Media elektronik
Lingkungan sekitar
|
1.2 Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan
Nusantara
|
· Keunikan gagasan/
konsep terwujudnya tekstil nusantara
· Keunikan corak ragam
hias tekstil nusantara
· Keunikan bahan dasar,
alat dan Teknik, tekstil nusantara
|
·
Mengumpulkan informasi keberadaan karya seni tekstil
yang ada di daerah setempat ditinjau dari aspek keunikan gagasannya
·
Diskusi kelompok tentang keunikan corak ragam hias
bahan dasar, alat dan teknik Tekstil nusantara.
·
Presentasi
|
·
Membuat kliping tentang karya seni tekstil Nusantara
·
Membuat
tanggapan tertulis tentang keunikan
gagasan, corak ragam hias, bahan dasar dan teknik karya seni Tekstil
nusantara
|
Tes praktik/
Kinerja
|
Tes identifikasi
|
· Buatlah kliping hasil karya seni tekstil nu- santara dan berikan tanggapan
tentang keunikannya berdasar kan gagasan, corak ragam hias, bahan dasar, alat
dan teknik pembuatannya
· Presentasikan hasil
kliping kelompokmu.
|
1 jp
|
|
v Karaktersiswa yang diharapkan
: Disiplin (
Discipline ), Tekun ( diligence ), Tanggungjawab ( responsibility ),
Ketelitian ( carefulness), Kerjasama ( Cooperation ), Percayadiri (
Confidence), Kecintaan ( Lovely )
|
Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah
(Eko Budi Santosa,
S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1
008
|
Kalimanah, 9 Juli
2016
Guru MapelSeniBudaya.
(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP N 1 KALIMANAH
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya (SENI RUPA)
Standar Kompetensi :2. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Merancang karya seni kriya
tekstil dengan teknik dan corak seni
rupa terapan Nusantara
|
·Merancang pola ragam hias tekstil
|
· Mengamati dan memi lih
berbagai corak ragam hias tekstil nusantara
· Membuat pola ragam hias
melalui ekspolarasi bentuk, warna, dan tekstur
|
· Membuat bentuk-bentuk
ragam hias dan corak karya tekstil Nusantara
· Membuat rancangan karya
seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji petik kerja
|
·
Buat desain tekstil dengan mengambil corak ragam hias
Nusantara
|
2 jp
|
Buku teks
Media cetak
Media elektronik
|
2.2 Membuat karya seni
kriya tekstil dengan teknik dan corak
seni rupa terapan Nusantara
|
·
Membuat Tekstil dengan Teknik Rekalatar dengan corak seni rupa terapan
Nusantara
|
· Penataan pola ragam
hias tekstil dengan corak seni rupa nusantara
|
· Menghayati proses
penataan pola ragam hias tekstil
· Mampu berkreasi
dalam menata pola ragam hias tekstil pada permukaan kain.
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji petik kerja
|
·
Buatlah benda pakai dengan teknik yang sudah kamu
kuasai dengan mengambil unsur-unsur
corak ragam hias seni rupa terapan Nusantara
|
2 jp
|
Buku teks
Media cetak
Media elektronik
|
2.3 Mengekspresikan diri melalui karya seni lukis/gambar
|
·Teknikmelukis/Menggambarilustrasi
·Media untukmelukis
|
· Membuat sketsa
· Mewarnai gambar/sketsa
|
· Membuat gambar
ilustrasi
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji petik kerja
|
·
Buatlah gambar ilustrasi dengan tema kegiatan siswa di
sekolah
|
2 jp
|
Buku teks
Media cetak
Media elektronik
|
v Karaktersiswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline )Tekun ( diligence
) Tanggungjawab ( responsibility) Ketelitian
( carefulness)Kerja
sama ( Cooperation )Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely
)
|
Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah
(Eko Budi Santosa,
S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1
008
|
Kalimanah, 9 Juli
2016
Guru MapelSeniBudaya.
(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP N 1 KALIMANAH
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya (SENI MUSIK)
Standar Kompetensi :3.
Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1
Mengidentifikasijenislagu
Nusantara
|
· Lagu Nusantara
a.Lagu Wajib Nasional
b.
Lagu daerah Nusantara
|
·
Mendengarkan/menyanyikan lagu wajib Nasional, lagu
daerah, nusantara dan lainnya
·
Mendiskusikan ciri-ciri khas dari lagu yang didengar beserta
tokohnya/penciptanya
·
Bertanya jawab tentang lagu daerah yang didengar
berdasarkan fungsi sosialnya
|
· Menyebutkan jenis lagu
daerah Nusantara / lagu wajib Nasional
· Mengidentifikasi ciri
dari lagu Nusantara beserta tokohnya
· Mendiskripsikan fungsi
sosial lagu daerah Nusantara
|
Tes
Lisan
Tes Tertulis
|
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
|
·
Sebutkan 3 jenis lagu daerah Nusantara / wajib Nasional
·
Jelaskan ciri-ciri lagu nusantara
·
Sebutkan nama tokoh musik nusantara
·
Jelaskan fungsi
sosial musik pada lagu daerah Nusantara
|
1 jp
|
Lagu-lagu daerah nusantara
Media electronik
Buku teks
|
3.2 Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan lagu
Nusantara
|
· Keunikan lagu
Nusantara
|
·
Mendiskusikan keunikan /keindahan dan pesan dari lagu
yang dengar
·
Menuliskan keunikan terhadap lagu nusantara
|
· Menuliskan/mengutarakan
keunikan /keindahan dan pesan dari lagu
yang didengar
|
Tes
Tertulis
|
Tes
Uraian
|
·
Sebutkan keunikan dari lagu Nusantara yang kamu dengar
|
1 jp
|
Lagu-lagu daerah nusantara
Media electronik
Buku teks
|
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 3.1 : Disiplin, Tekun,Tanggungjawab, Ketelitian, Kerja
sama, Percaya diri, Rasa ingintahu
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 3.2 : Disiplin, Kreatif,
Menghargaiprestasi, Percayadiri, Mandiri
|
Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah
(Eko Budi Santosa,
S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1
008
|
Kalimanah, 9 Juli
2016
Guru MapelSeniBudaya.
(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP N 1 KALIMANAH
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya (SENI MUSIK)
Standar Kompetensi : 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1 Mengaransir
secara sederhana lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel
|
Unsur-unsur musik,
Interval,akor dan jenis alat musik Nusantara beserta sumber bunyinya
|
·
Membaca pola irama, lagu nusantara
·
Mendiskusikankan tentang unsur lagu Nusantara dan
jenis alat musik beserta sumbernya
·
Memilih alat musik untuk ansambel
·
Mengaransir secara sederhana lagu etnik nusantara.
|
·
Menyusun melodi dari alat musik pengiring dalam
aransemen lagu
·
Menyusun interval, akor pada sangkar nada
·
Mampu mengaransir lagu etnik nusantara dalam bentuk
ansambel
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji Petik Kerja
|
·
Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap
ditampilkan
·
Susunlah interval, akor pada sangkar nada
|
2 jp
|
Partitur Lagu-lagu nusantara, lagu wajib nasional, lagu keroncong
Buku teks
|
4.2 Menampilkan hasil
aransemen lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel
|
·
Berlatih memainkan hasil aransemen
·
Menampilkan hasil aransemen dalam bentuk ansambel
|
·
Memainkan hasil aransemen lagu etnik Nusantara
·
Menampilkan hasil aransemen dalam bentuk ansambel
|
Tes praktik/
Kinerja
|
Tes Uji petik kerja
|
·
Aransirlah lagu etnik Nusantara dengan susunan akor
yang tepat
·
Mainkanlah hasil aranse-men lagu etnik Nusantara
·
Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik
yang dipilih
|
2 jp
|
||
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 4.1 : Disiplin,Kreatif,Tanggungjawab, Ketelitian, Kerja
sama, Percaya diri
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 4.2 : Disiplin, Tanggungjawab, Percayadiri, Kerjasama, SemangatKebangsaan,
|
Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah
(Eko Budi Santosa,
S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1
008
|
Kalimanah, 9 Juli
2016
Guru MapelSeniBudaya.
(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP N 1 KALIMANAH
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya (SENI TARI)
Standar Kompetensi :5. Mengapresiasikan karya seni tari.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Mengidentifi kasi
jenis karya seni tari tunggal
Nusantara
|
·
Karya Seni Tari Tunggal Nusantara
·
Fungsi Tari Tunggal Nusantara
|
·
Membaca referensi tentang seni tari tunggal nusantara
·
Melihat beberapa pertunjukan tari tunggal nusantara
·
Diskusikan tentang tari tunggal nusantara
·
Mengkaji keragaman jenis fungsi karya seni tari tunggal
nusantara
|
· Mengidentifikasi
beragam jenis karya seni tari tunggal nusantara
· Mengidentifikasi
bentuk, tema, fungsi dan makna karya seni tari nusantara
· Mengungkapkan kesan dan
pesan secara lisan tentang tari tunggal Nusantara
|
Tes Tertulis
|
Isian Singkat
Uraian
|
·
Jelaskan dengan singkat tentang tari tunggal nusantara
·
Sebutkat nama jenis tari tunggal berdasarkan daerahnya
·
Sebutkan perbedaan ciri dari karya tari tunggal daerah:
a.
DKI Jakarta b.
Jawa Tengah
b.
Bali
d. Kalimantan
|
1 Jp
|
Media Cetak
Media elektronik
Pertunjukan tari
Guru tari
|
5.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan
seni tari tunggal Nusantara
|
·
Beragam Tari Tunggal Nusantara
|
·
Diskusi tentang beragam karya seni tari tunggal
nusantara
·
Mempresentasikan tentang pertunjukan tari tunggal
nusantara
·
Membuat tulisan tentang tanggapan jenis, bentuk,
tema, fungsi dan makna seni tari
tunggal nusantara
|
·
Mendiskripsikan tentang beragam jenis, bentuk,tema,
fungsi dan makna seni tari tunggal nusantara
· Menyebutkan fungsi tari
tunggal Nusantara dalam masyarakat
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes
Identifikasi
|
·
Presentasikan hasil diskusi kelompok tentang tanggapan
terhadap beragam tari tunggal nusantara
|
1 jp
|
Media Cetak
|
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 5.1 : Disiplin, Tekun,Gemarmembaca,
Tanggungjawab,Ketelitian, Kerja sama, Percaya
diri, Rasa ingintahu
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 5.2 : Disiplin, Kreatif,
Mandiri, Tanggungjawab, Percayadiri
|
Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah
(Eko Budi Santosa,
S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1
008
|
Kalimanah, 9 Juli
2016
Guru MapelSeniBudaya.
(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMPN 1 KALIMANAH
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya (SENI TARI)
Standar Kompetensi :6.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mengeksplorasi pola
lantai gerak tari tunggal Nusantara
|
·
Pengertian Pola Lantai dalam seni tari tunggal
nusantara
·
Menyesuaikan pola lantai sesuai dengan ragam gerak tari
tunggal daerah nusantara.
|
·
Mencari pola lantai yang sesuai untuk ragam gerak tari
nusantara
·
Melakukan gerak tari tunggal nusantara sesuai dengan
urutan-urutannya dan musik pengiringnya
|
· Mencari pola
lantai tari Nusantara
·
Menuliskan pola lantai tari tunggal Nusantara
·
Memeragakan pola lantai tari tunggal Nusantara
·
Memilih salah satu tari tunggal Nusantara
·
Menarikan tari tunggal Nusantara sesuai dengan iringan.
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji petik kerja
|
·
Carilah pola lantai yang sesuai untuk susunan ragam
tari tunggal daerah nusantara yang telah kalian pelajari
|
2 jp
|
Media Elektronik
Guru tari
Media Gerak
|
6.2 Memeragakantaritunggal Nusantara
|
·
Praktek Tari
|
·
Memilih salah satu tari tunggal Nusantara
·
Menarikan tari tunggal Nusantara sesuai dengan iringan.
|
·
Menyajikan bentukTari Tunggal daerah nusantara sesuai
dengan iringannya
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji petik kerja
|
·
Peragakan karya tari tunggal berdasarkan tari daerah
nusantara sesuai dengan iringan musiknya
|
2 jp
|
Media Elektronik
Guru tari
Media Gerak
|
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 6.1 : Disiplin, Tekun, Tanggungjawab, Mandiri, Percaya
diri
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 6.2 : Disiplin, Tekun, Tanggungjawab, Mandiri, Percaya
diri
|
Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah
(Eko Budi Santosa,
S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1
008
|
Kalimanah, 9 Juli
2016
Guru MapelSeniBudaya.
(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005
|
Silabus PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :SMP
N 1 KALIMANAH
Kelas/Semester : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya (SENI RUPA)
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Mengidentifikasi seni
rupa murni yang diciptakan di daerah setempat
|
·
Beragam jenis, bentuk,teknik, makna seni rupa murni
daerah setempat
·
Perkembangan seni rupa murni daerah setempat
|
· Membaca referensi
tentang seni rupa murni daerah
setempat
· Mendiskusikan
perkembangan seni rupa murni daerah setempat
|
·
Mengidentifikasi beragam karya seni rupa murni daerah setempat
·
Mengkaji perkembangan seni rupa murni daerah setempat.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Tuliskan sedikitnya 2 karya seni rupa murni yang ada di
daerahmu.
·
Berikan penjelasan masing-masing contoh mengenai jenis,
bentuk, teknik pembuatan dan maknanya
·
Jelaskan secara singkat sejarah perkembangannya
|
1 jp
|
Media cetak
Media elektronik
Lingkungan sekitar
|
1.2 Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah
setempat
|
·
Keunikan seni rupa murni daerah setempat
·
Apresiasi karya seni rupa murni daerah setempat
|
·
Mengamati karya seni rupa murni daerah setempat
· Membuat kliping tentang hasil karya seni rupa murni
daerah setempat
· Membuat tanggapan
tentang keunikan seni rupa murni
daerah setempat
|
·
Mendeskripsikan keunikan gagasan dan teknik karya seni
rupa murni daerah setempat
·
Membuat tanggap an
tentang karya seni rupa murni
daerah setempat
|
Penugas
an individu/
kelompok
Tes praktik
/kinerja
|
Tugas Rumah
Tes identifikasi
|
·
Buatlah kliping
berupa gambar dan tulisan tentang keunikan karya seni rupa murni
daerahmu
·
Presentasikan hasil klipingmu
|
1 jp
|
|
v Karaktersiswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline )Tekun ( diligence
) Tanggungjawab ( responsibility) Ketelitian
( carefulness) Kerja
sama ( Cooperation )Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely
)
|
Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah
(Eko Budi Santosa,
S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1
008
|
Kalimanah, 9 Juli
2016
Guru MapelSeniBudaya.
(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005
|
Silabus PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP N 1 KALIMANAH
Kelas/Semester : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya (SENI RUPA )
Standar Kompetensi : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Memilih unsur seni rupa
Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni
|
·
Unsur-unsur seni rupa murni Nusantara
|
· Merancang karya seni
rupa murni berdasarkan unsur-unsur seni rupa Nusantra
|
· Membuat rancangan/
gambar desain karya seni rupa murni
yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara.
|
Tes praktik
/kinerja
|
Tes uji petik kerja
|
·
Buatlah gambar desain
karya seni rupa murni 2 dimensi
atau 3 dimensi dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantara.
|
2 jp
|
Media cetak
Media elektronik
Lingkungan sekitar
|
2.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
murni yang dikembang kan dari unsur seni rupa Nusantara
|
·
Karya seni rupa
murni Nusantara
|
·
Membuat karya seni rupa murni yang dikembangkan dari
unsur seni rupa Nusantara
|
· Membuat karya seni rupa murni yang dikembangkan
dari unsur seni rupa Nusantara
|
Tes praktik
/kinerja
|
Tes uji petik kerja
|
·
Buatlah karya seni rupa murni sesuai dengan gambar
disainmu
|
2 jp
|
|
v Karaktersiswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline )Tekun ( diligence
) Tanggungjawab ( responsibility) Ketelitian
( carefulness)Kerja
sama ( Cooperation )Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely
)
|
Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah
(Eko Budi Santosa,
S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1
008
|
Kalimanah, 9 Juli
2016
Guru MapelSeniBudaya.
(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005
|
Silabus PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMPN 1
KALIMANAH
Kelas/Semester :
IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya (SENI MUSIK)
Standar Kompetensi : 3. Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1. Mengidentifikasilagumancanegara di Asia
|
· Musik/lagu Mancanegaradi
Asia.
· Musik Melayu, Musik
Oriental, Musik Hindus-tan, Musik Timur tengah
|
· Mendengarkanmusik/lagumancanegara
· Mendiskusikan ciri-ciri
khas musik dari mancanegara
· Bertanya jawab tentang
aspek sosial dalam musik mancanegara
· Menuliskan ciri musik berdasarkan sumber bunyinya
|
· Menyebutkan jenis musik mancanegara yang diperdengarkan
· Mengidentifikasi
ciri-ciri dan unsur dari musik mancanegara
· Menyimpulkan
fungsi sosial , sejarah perkembangan musik mancanegara
|
Tes
Tertulis
|
Tes
Uraian
|
·
Sebutka 4 jenis lagu mancanegara yang kamu ketahui dengan cirinya
masing-masing!
·
Sebutkan fungsi sosial/makna dari musik yang didengar!
|
1 jp
|
Lagu-lagu mancanegara,
Buku teks, Media cetak
|
3.2. Menampilkansikapapresiatifterhadapkeunikanlagumancanegara di Asia.
|
·
Mengenal alat-alat
musikmancanegara di Asia
|
· Mencari ensiklopedi
tentang alat musik mancanegara
· Membaca ragam musik mancanegara
· Mengungkapkan keunikan
dan pesan dari musik/lagu mancanegara di Asia
· Menghubungkan hal-hal
yang berkaitan dengan alat musik
|
·
Menemukan informasi tentang alat musik mancanegara di Asia
·
Menyebutkan ragam musik mancanegara di Asia
·
Menuliskan keunikan
dan pesan dari musik mancanegara di Asia
·
Menyebutkan nama-nama alat musik mancanegara di Asia
|
Tes
Lisan
|
Daftar
Pertanyaan
|
·
Sebutkan 3 jenis alat musik mancanegara di Asia beserta
contoh!
·
Sebutkan ragam dan keunikan mancanegara di Asia.
·
Tuliskan hal-hal yang dapat diteladani
|
1 jp
|
|
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 3.1 : Disiplin, Tekun, Gemarmembaca,Tanggungjawab, Kreatif, Kerja
sama,Percaya diri
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 3.2 : Tekun, Gemarmembaca, Percayadiri, Kreatif, Mandiri.
|
Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah
(Eko Budi Santosa,
S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1
008
|
Kalimanah, 9 Juli
2016
Guru MapelSeniBudaya.
(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005
|
Silabus PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP N
1 KALIMANAH
Kelas/Semester :
IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya (SENI MUSIK)
Standar Kompetensi
: 4. Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1 Mengaransir lagu
mancanegara di Asia
|
·
Musik mancanegara di Asia
|
·
Membaca pola irama, lagu mancanegara
·
Mendiskusikankan tentang unsur lagu dan jenis alat
musik beserta sumbernya
·
Tanya jawab tentang
musik pengiring dalam aransemen
·
Mengaransir secara sederhana lagu mancanegara
|
·
menyusun notasi,
irama,tempo, dan dinamika lagu dalam aransemen lagu
·
menentukan alat musik pengiring dari musik mancanegara
·
mengaransir lagu
berdasarkan ide kreatif mancanegara
|
Tes kinerja
|
Tes Uji Petik Kerja
Produk
|
·
Aransirlah salah satu lagu mancanegara dengan iringan
musik dengan memperhatikan unsur-unsur musik
·
Tentukanlah alat musik yang digunakan sebagai alat
musik pengiring dalam musik mancanegara
|
2 jp
|
Lagu-lagu
Mancanegara, Alat musik pengiring, Buku teks
|
4.2 Menampilkan hasil aransemen
lagu mancanegara di Asia
|
·
Partitur lagu
|
·
Berlatih memainkan hasil aransemen
·Menampilkan hasil
aransemen dalam bentuk kelompok maupun perorangan
|
·
Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat
musik yang tersedia
|
Tes
Kinerja
|
Tes Uji Petik Kerja
|
·
Aransirlah secara sederhana lagu mancanegara di Asia
·
Mainkan hasil aransemen musik mancanegara di depan
kelas secara kelompok maupun perorangan
|
2 jp
|
Lagu-lagu
Mancanegara, Alat musik pengiring, Buku teks
|
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 4.1 : Disiplin,Kreatif,
Demokratis, Tanggungjawab,Kerja sama, Toleransi,Percaya
diri
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 4.2 : Disiplin, Kreatif,
Kerjasama, Toleransi, Tanggungjawab, Percayadiri
|
Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah
(Eko Budi Santosa,
S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1
008
|
Kalimanah, 9 Juli
2016
Guru MapelSeniBudaya.
(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005
|
Silabus PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP N 1 KALIMANAH
Kelas/Semester : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya (SENI TARI)
Standar Kompetensi : 5. Mengapresiasi karya seni tari.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Mengidentifikasi
karya seni tari mancanegara di Asia
|
· Tari mancanegara di
Asia
· Keunikan Karya Seni
Tari Mancanegara di Asia
|
· Membaca referensi
tentang tari mancanegara di Asia
· Menyaksikantaridarimancanegara
· Mendiskusikan ciri-ciri
tari yang disaksikan
· Menyebutkan
keunikan dan pesan dari tari yang
ditonton
|
· Mengidentifikasi
tentang karya tari mancanegara di Asia
· Menuliskan unsur budaya
khas dari tari asia.
· Mengkaji perkembangan
seni tari mancanegara di Asia
· Menuliskan
keunikan/keindahan dan pesan dari pertunjukan tari yang ditonton
|
Tes Tertulis
|
Isian Singkat
Uraian
|
·
Jelaskan dengan singkat tentang tari mancanegara
·
Sebutkat nama jenis tari mancanegara berdasarkan
negaranya
·
Sebutkan perbedaan ciri dari karya tari negara:
a.
India c. Kamboja
b.
Thailand d.
China
|
1 Jp
|
Media Cetak
Media Elektronik Pertunjukan
tari
Guru tari
|
5.2 Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan seni tari Mancanegara di Asia
|
· Mengeksplorasi Gerak
Tari Mancanegara di Asia
|
· Mengamati karya seni
tari mancanegara di Asia
· Membuat kliping tentang
karya tari mancanegara di Asia
· Membuat tanggapan
tentang keunikan karya seni tari mancanegara di Asia
|
· Mendeskripsikan
keunikan gagasan dari karya seni tari mancanegara di Asia
· Membuat tanggapan
tentang karya seni tari mancanegara di Asia
|
Tes Praktek/ Kinerja
|
Tes Identifikasi
|
·
Presentasikan hasil diskusi kelompok tentang keunikan
gagasan terhadap beragam tari mancanegara di Asia
|
1 Jp
|
Media Cetak
|
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 5.1 : Disiplin, Kreatif,
Demokratis, Tanggungjawab, Kerja sama, Toleransi,Percaya
diri
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 5.2 : Disiplin, Kreatif,
Kerjasama, Toleransi, Tanggungjawab, Percayadiri
|
Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah
(Eko Budi Santosa,
S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1
008
|
Kalimanah, 9 Juli
2016
Guru MapelSeniBudaya.
(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005
|
Silabus PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP N
1 KALIMANAH
Kelas/Semester : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya (SENI TARI)
Standar Kompetensi : 6. Mengekspresikani diri melalui karya
seni tari.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mengeksplorasi
gerak tari kreasi berdasarkan tari mancanegara di Asia
|
·
Tari mancanegara
|
·
Menyaksikantarianmancanegara
·
Mengeksplorasikan konsep garapan tari hasil
pengamatan
|
·
Mengeksplorasi gerak tari berdasarkan ide kreatif
manca negara di Asia
|
Tes Praktek/ Kinerja
|
Tes Uji Kerja
|
·
Buatlah konsep garapan tari berdasarkan pengamatan tari
mancanegara
·
Buatlah garapan tari berdasarkan pengamatan tari mancanegara
|
2 jp
|
Media elektronik
|
6.2 Menampilkan tari kreasi
mancanegara di Asia
|
·
Praktek Tari
|
·
Menemukan gerak dasar tari untuk garapan tari
·
Latihan menarikan garapan tari sesuai dengan konsep dan
iringannya
|
·
Menyusun gerak berdasarkan ide kreatif tari mancanegara
di Asia
·
Menyajikan tari kreasi mancanegara secara kelompok di
kelas/sekolah
|
Tes Praktek/ Kinerja
|
Tes Uji Kerja
|
·
Kreasikan gerak dasar tari dengan kreasi gerakanmu
sendiri
|
2 jp
|
Media elektronik
|
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 6.1 : Disiplin,Tekun,Kreatif,
Rasa ingintahu, Tanggungjawab,Kerja sama,Percaya
diri
v Karaktersiswa yang diharapkanpada
KD 6.2 : Disiplin, Tekun,
Tanggungjawab, Kerjasama, Toleransi, Percayadiri
|
Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah
(Eko Budi Santosa,
S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1
008
|
Kalimanah, 9 Juli
2016
Guru MapelSeniBudaya.
(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar