"AL 'ILMU BILAA 'AMALIN KASSYAJAROTI BILAA TSAMARIN" (ILMU TIADA AMALAN BAGAIKAN POHON TAK BERBUAH) - Al Mahfudzat

Silabus



SILABUS PEMBELAJARAN 

                                                               

Nama Sekolah                     :  SMP N 1 KALIMANAH
Kelas / Semester                  :  VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran                    :  Seni Budaya (SENI RUPA)
Standar Kompetensi           :1. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
BentukInstrumen
Contoh
Instrumen
1.1    Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara

· Tekstils dalam kehidupan manusia
· Bahan dasar Tekstils nusantara
· Jenis-jenis Tekstil di nusantara
·   Mencari  dan mendiskusi kan keragaman jenis  tekstil  nusantara
·   Mengklasifikasi makna dan fungsi Tekstil nusantara

·   Menunjukkan keaneka-ragaman jenis, bahan dan teknik pembuatan tekstil nusantara,
·   Mampu mendeskripsikan makna dan fungsi Tekstils  nusantara
Tes
tertulis
Tes uraian


· Buat klasifikasi keragaman jenis tekstil nusantara berdasar bahan dan teknik pembuatannya
·    Jelaskan makna dan fungsi tekstil nusantara
1jp

Media cetak

Media elektronik

Lingkungan sekitar
1.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara


· Keunikan gagasan/ konsep terwujudnya tekstil nusantara
· Keunikan corak ragam hias tekstil nusantara
· Keunikan bahan dasar, alat dan Teknik, tekstil nusantara
·   Mengumpulkan informasi keberadaan karya seni tekstil yang ada di daerah setempat ditinjau dari aspek keunikan gagasannya
·   Diskusi kelompok tentang keunikan corak ragam hias bahan dasar, alat dan teknik Tekstil nusantara.
·   Presentasi
·   Membuat kliping tentang karya seni tekstil Nusantara
·   Membuat  tanggapan tertulis tentang keunikan  gagasan, corak ragam hias, bahan dasar dan teknik karya seni Tekstil nusantara
Tes praktik/
Kinerja
Tes identifikasi
· Buatlah kliping  hasil karya seni  tekstil nu- santara dan berikan tanggapan tentang keunikannya berdasar kan gagasan, corak ragam hias, bahan dasar, alat dan teknik pembuatannya
· Presentasikan hasil kliping kelompokmu.
1 jp

v  Karaktersiswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence ), Tanggungjawab ( responsibility ), Ketelitian ( carefulness), Kerjasama ( Cooperation ), Percayadiri ( Confidence), Kecintaan ( Lovely )

Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah



(Eko Budi Santosa, S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1 008




Kalimanah,   9 Juli  2016
Guru MapelSeniBudaya.



(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005


SILABUS PEMBELAJARAN 


Nama Sekolah                     :  SMP N 1 KALIMANAH
Kelas / Semester                  :  VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran                    :  Seni Budaya (SENI RUPA)
Standar Kompetensi           :2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
BentukInstrumen
Contoh
Instrumen

2.1    Merancang karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara

·Merancang pola ragam hias tekstil





·      Mengamati dan memi lih berbagai corak ragam hias tekstil nusantara
·      Membuat pola ragam hias melalui ekspolarasi bentuk, warna, dan tekstur

·     Membuat bentuk-bentuk ragam hias dan corak karya tekstil Nusantara
·     Membuat rancangan karya seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara

Tes praktik/
kinerja



Tes Uji petik kerja




·    Buat desain tekstil dengan mengambil corak ragam hias Nusantara


2 jp





Buku teks
Media cetak
Media elektronik

2.2    Membuat karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara
·    Membuat Tekstil dengan Teknik Rekalatar dengan corak seni rupa terapan Nusantara
·      Penataan pola ragam hias tekstil dengan corak seni rupa nusantara
·     Menghayati proses penataan pola ragam hias tekstil
·     Mampu berkreasi dalam menata pola ragam hias tekstil pada permukaan kain.
Tes praktik/
kinerja
Tes Uji petik kerja


·    Buatlah benda pakai dengan teknik yang sudah kamu kuasai dengan mengambil unsur-unsur  corak ragam hias seni rupa terapan Nusantara
2 jp
Buku teks
Media cetak
Media elektronik

2.3 Mengekspresikan diri melalui  karya seni lukis/gambar
·Teknikmelukis/Menggambarilustrasi
·Media untukmelukis
·    Membuat  sketsa
·    Mewarnai gambar/sketsa

·     Membuat gambar ilustrasi

Tes praktik/
kinerja
Tes Uji petik kerja

·    Buatlah gambar ilustrasi dengan tema kegiatan siswa di sekolah

2 jp
Buku teks
Media cetak
Media elektronik
v  Karaktersiswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )Tekun ( diligence ) Tanggungjawab ( responsibility) Ketelitian ( carefulness)Kerja sama ( Cooperation )Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah



(Eko Budi Santosa, S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1 008




Kalimanah,   9 Juli  2016
Guru MapelSeniBudaya.



(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005



SILABUS PEMBELAJARAN 

                                                               

Nama Sekolah                     :  SMP N 1 KALIMANAH
Kelas / Semester                  :  VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran                    :  Seni Budaya (SENI MUSIK)
Standar Kompetensi           :3. Mengapresiasi karya seni musik

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
BentukInstrumen
Contoh
Instrumen
3.1    Mengidentifikasijenislagu Nusantara






·  Lagu Nusantara
a.Lagu Wajib Nasional
 b. Lagu daerah Nusantara




·         Mendengarkan/menyanyikan lagu wajib Nasional, lagu daerah, nusantara dan lainnya
·         Mendiskusikan ciri-ciri khas  dari lagu yang didengar beserta tokohnya/penciptanya
·         Bertanya jawab tentang lagu daerah yang didengar berdasarkan fungsi sosialnya
·     Menyebutkan jenis lagu daerah Nusantara / lagu wajib Nasional
·     Mengidentifikasi ciri dari lagu Nusantara beserta tokohnya
·     Mendiskripsikan fungsi sosial lagu daerah Nusantara

Tes
Lisan

Tes Tertulis




Daftar pertanyaan

Tes Uraian





·    Sebutkan 3 jenis lagu daerah Nusantara / wajib Nasional
·    Jelaskan ciri-ciri lagu nusantara
·    Sebutkan nama tokoh musik nusantara
·    Jelaskan  fungsi sosial musik pada lagu daerah Nusantara

1 jp







Lagu-lagu daerah nusantara
Media electronik
Buku teks
3.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu Nusantara
·  Keunikan lagu Nusantara

·         Mendiskusikan keunikan /keindahan dan pesan dari lagu yang dengar
·         Menuliskan keunikan terhadap lagu nusantara
·     Menuliskan/mengutarakan keunikan /keindahan dan pesan dari lagu  yang didengar
Tes
Tertulis
Tes
Uraian
·         Sebutkan keunikan dari lagu Nusantara yang kamu dengar

1 jp
Lagu-lagu daerah nusantara
Media electronik
Buku teks
v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 3.1  :                Disiplin, Tekun,Tanggungjawab, Ketelitian, Kerja sama, Percaya diri, Rasa ingintahu
v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 3.2  :                Disiplin, Kreatif,  Menghargaiprestasi, Percayadiri, Mandiri

Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah



(Eko Budi Santosa, S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1 008




Kalimanah,   9 Juli  2016
Guru MapelSeniBudaya.



(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005

SILABUS PEMBELAJARAN 

                                                               

Nama Sekolah                     :  SMP N 1 KALIMANAH
Kelas / Semester                  :  VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran                    :  Seni Budaya (SENI MUSIK)
Standar Kompetensi           :  4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1    Mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel

Unsur-unsur musik,
Interval,akor dan jenis alat musik Nusantara beserta sumber bunyinya
·         Membaca pola irama, lagu nusantara
·         Mendiskusikankan tentang unsur lagu Nusantara dan jenis alat musik beserta sumbernya
·         Memilih alat musik untuk ansambel
·         Mengaransir secara sederhana lagu etnik nusantara.
·         Menyusun melodi dari alat musik pengiring dalam aransemen lagu
·         Menyusun interval, akor pada sangkar nada
·         Mampu mengaransir lagu etnik nusantara dalam bentuk ansambel
Tes praktik/
kinerja






Tes Uji Petik Kerja






·         Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
·         Susunlah interval, akor pada sangkar nada

2 jp







Partitur Lagu-lagu nusantara, lagu wajib nasional, lagu keroncong

Buku teks
4.2    Menampilkan hasil aransemen lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel


·         Berlatih memainkan hasil aransemen
·         Menampilkan hasil aransemen dalam bentuk ansambel
·         Memainkan hasil aransemen lagu etnik Nusantara
·         Menampilkan hasil aransemen dalam bentuk ansambel
Tes praktik/
Kinerja
Tes Uji  petik kerja
·         Aransirlah lagu etnik Nusantara dengan susunan akor yang tepat
·         Mainkanlah hasil aranse-men lagu etnik Nusantara
·         Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik yang dipilih
2 jp

v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 4.1  :                Disiplin,Kreatif,Tanggungjawab, Ketelitian, Kerja sama, Percaya diri
v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 4.2  :                Disiplin, Tanggungjawab, Percayadiri, Kerjasama, SemangatKebangsaan,

Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah



(Eko Budi Santosa, S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1 008




Kalimanah,   9 Juli  2016
Guru MapelSeniBudaya.



(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005


SILABUS PEMBELAJARAN 


Nama Sekolah                     :  SMP N 1 KALIMANAH
Kelas / Semester                  :  VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran                    :  Seni Budaya (SENI TARI)
Standar Kompetensi           :5.  Mengapresiasikan karya seni tari.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Mengidentifi kasi  jenis karya seni tari tunggal  Nusantara



·   Karya Seni Tari Tunggal Nusantara

·   Fungsi Tari Tunggal Nusantara



·    Membaca referensi tentang seni tari tunggal nusantara
·    Melihat beberapa pertunjukan tari tunggal nusantara
·    Diskusikan tentang tari tunggal nusantara
·    Mengkaji keragaman jenis fungsi karya seni tari tunggal nusantara
·     Mengidentifikasi beragam jenis karya seni tari tunggal nusantara
·     Mengidentifikasi bentuk, tema, fungsi dan makna karya seni tari nusantara
·     Mengungkapkan kesan dan pesan secara lisan tentang tari tunggal Nusantara
Tes Tertulis




Isian Singkat


Uraian


·   Jelaskan dengan singkat tentang tari tunggal nusantara
·   Sebutkat nama jenis tari tunggal berdasarkan daerahnya
·   Sebutkan perbedaan ciri dari karya tari tunggal daerah:
a. DKI Jakarta  b. Jawa Tengah
b. Bali                d. Kalimantan
1 Jp







Media Cetak
Media elektronik
Pertunjukan tari
Guru tari

5.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal Nusantara
·   Beragam Tari Tunggal Nusantara

·    Diskusi tentang beragam karya seni tari tunggal nusantara 
·    Mempresentasikan tentang pertunjukan tari tunggal nusantara
·    Membuat tulisan tentang tanggapan jenis, bentuk, tema,  fungsi dan makna seni tari tunggal nusantara
·   Mendiskripsikan tentang beragam jenis, bentuk,tema, fungsi dan makna seni tari tunggal nusantara

·     Menyebutkan fungsi tari tunggal Nusantara dalam masyarakat
Tes praktik/
kinerja
Tes
Identifikasi
·   Presentasikan hasil diskusi kelompok tentang tanggapan terhadap beragam tari tunggal nusantara
1 jp
Media Cetak

v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 5.1 :                 Disiplin, Tekun,Gemarmembaca, Tanggungjawab,Ketelitian, Kerja sama, Percaya diri, Rasa ingintahu
v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 5.2 :                 Disiplin, Kreatif, Mandiri, Tanggungjawab, Percayadiri

Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah



(Eko Budi Santosa, S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1 008




Kalimanah,   9 Juli  2016
Guru MapelSeniBudaya.



(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005


SILABUS PEMBELAJARAN
                                                               

Nama Sekolah                     :   SMPN 1 KALIMANAH
Kelas / Semester                  :  VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran                    :  Seni Budaya (SENI TARI)
Standar Kompetensi           :6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
BentukInstrumen
Contoh
Instrumen

6.1    Mengeksplorasi pola lantai gerak tari tunggal Nusantara




·      Pengertian Pola Lantai dalam seni tari tunggal nusantara
·      Menyesuaikan pola lantai sesuai dengan ragam gerak tari tunggal daerah nusantara.

·      Mencari pola lantai yang sesuai untuk ragam gerak tari nusantara
·      Melakukan gerak tari tunggal nusantara sesuai dengan urutan-urutannya dan musik pengiringnya

·      Mencari pola lantai  tari Nusantara
·      Menuliskan pola lantai tari tunggal Nusantara
·      Memeragakan pola lantai tari tunggal Nusantara
·      Memilih salah satu tari tunggal Nusantara
·      Menarikan tari tunggal Nusantara sesuai dengan iringan.

Tes praktik/
kinerja








Tes Uji petik kerja







·   Carilah pola lantai yang sesuai untuk susunan ragam tari tunggal daerah nusantara yang telah kalian pelajari



2 jp









Media Elektronik

Guru tari

Media Gerak


6.2 Memeragakantaritunggal Nusantara
·      Praktek Tari
·      Memilih salah satu tari tunggal Nusantara
·      Menarikan tari tunggal Nusantara sesuai dengan iringan.
·      Menyajikan bentukTari Tunggal daerah nusantara sesuai dengan iringannya

Tes praktik/
kinerja
Tes Uji petik kerja
·    Peragakan karya tari tunggal berdasarkan tari daerah nusantara sesuai dengan iringan musiknya
2 jp
Media Elektronik
Guru tari
Media Gerak
v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 6.1  :                Disiplin, Tekun, Tanggungjawab, Mandiri, Percaya diri
v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 6.2  :                Disiplin, Tekun, Tanggungjawab, Mandiri, Percaya diri

Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah



(Eko Budi Santosa, S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1 008




Kalimanah,   9 Juli  2016
Guru MapelSeniBudaya.



(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005



Silabus PEMBELAJARAN



Nama Sekolah             :SMP N 1 KALIMANAH
Kelas/Semester            : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran            : Seni Budaya (SENI RUPA)
Standar Kompetensi   : 1. Mengapresiasi karya seni rupa.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1     Mengidentifikasi seni rupa murni yang diciptakan di daerah setempat



·   Beragam jenis, bentuk,teknik, makna seni rupa murni daerah setempat
·   Perkembangan seni rupa murni daerah setempat
·   Membaca referensi tentang  seni rupa murni daerah setempat
·   Mendiskusikan perkembangan seni rupa murni daerah setempat


·   Mengidentifikasi beragam  karya seni rupa murni daerah setempat
·   Mengkaji perkembangan seni rupa murni daerah setempat.

Tes tertulis






Tes uraian







·   Tuliskan sedikitnya 2 karya seni rupa murni yang ada di daerahmu.
·   Berikan penjelasan masing-masing contoh mengenai jenis, bentuk, teknik pembuatan dan maknanya
·   Jelaskan secara singkat sejarah perkembangannya

1 jp






Media cetak

Media elektronik

Lingkungan sekitar
1.2     Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah setempat
·   Keunikan seni rupa murni daerah setempat
·   Apresiasi karya seni rupa murni daerah setempat
·   Mengamati karya seni rupa murni daerah setempat
·   Membuat  kliping tentang hasil karya seni rupa murni daerah setempat
·   Membuat tanggapan tentang   keunikan seni rupa murni daerah setempat
·   Mendeskripsikan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa murni daerah setempat
·   Membuat tanggap an  tentang karya seni rupa murni  daerah setempat
Penugas
an individu/
kelompok


Tes praktik
/kinerja
Tugas Rumah


Tes identifikasi
·   Buatlah kliping  berupa gambar dan tulisan tentang keunikan karya seni rupa murni daerahmu

·   Presentasikan hasil klipingmu

1 jp





v  Karaktersiswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )Tekun ( diligence ) Tanggungjawab ( responsibility) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation )Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah



(Eko Budi Santosa, S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1 008




Kalimanah,   9 Juli  2016
Guru MapelSeniBudaya.



(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005


Silabus PEMBELAJARAN



Nama Sekolah             :  SMP N 1 KALIMANAH
Kelas/Semester            : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran            : Seni Budaya (SENI RUPA )
Standar Kompetensi   : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

2.1    Memilih unsur seni rupa Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni

·   Unsur-unsur seni rupa murni Nusantara



·     Merancang karya seni rupa murni berdasarkan unsur-unsur seni rupa Nusantra



·     Membuat rancangan/ gambar desain  karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara.

Tes praktik
/kinerja




Tes uji petik kerja




·   Buatlah gambar desain  karya seni rupa murni  2 dimensi atau 3 dimensi dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantara.

2 jp





Media cetak
Media elektronik
Lingkungan sekitar
2.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembang kan dari unsur seni rupa Nusantara
·         Karya  seni rupa murni Nusantara
·        Membuat karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara

·     Membuat  karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara

Tes praktik
/kinerja
Tes  uji petik kerja
·   Buatlah karya seni rupa murni sesuai dengan gambar disainmu

2 jp

v  Karaktersiswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )Tekun ( diligence ) Tanggungjawab ( responsibility) Ketelitian ( carefulness)Kerja sama ( Cooperation )Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

 


Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah



(Eko Budi Santosa, S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1 008




Kalimanah,   9 Juli  2016
Guru MapelSeniBudaya.



(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005



Silabus PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                 :   SMPN 1 KALIMANAH
Kelas/Semester                : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran                : Seni Budaya (SENI MUSIK)

Standar Kompetensi       : 3. Mengapresiasi  karya seni musik.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1. Mengidentifikasilagumancanegara di Asia





·    Musik/lagu Mancanegaradi Asia.
·    Musik Melayu, Musik Oriental, Musik Hindus-tan, Musik Timur tengah
·     Mendengarkanmusik/lagumancanegara
·     Mendiskusikan ciri-ciri khas musik dari mancanegara
·     Bertanya jawab tentang aspek sosial dalam musik mancanegara
·     Menuliskan  ciri musik berdasarkan sumber bunyinya
·     Menyebutkan jenis  musik mancanegara yang diperdengarkan
·     Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur dari musik mancanegara
·     Menyimpulkan fungsi sosial , sejarah perkembangan musik mancanegara
Tes
Tertulis

Tes
Uraian
·    Sebutka 4 jenis lagu mancanegara   yang kamu ketahui dengan cirinya masing-masing!
·    Sebutkan fungsi sosial/makna  dari musik yang didengar!
1 jp






Lagu-lagu mancanegara,

Buku teks, Media cetak
3.2. Menampilkansikapapresiatifterhadapkeunikanlagumancanegara di Asia.
·    Mengenal alat-alat  musikmancanegara di Asia
·     Mencari ensiklopedi tentang alat musik mancanegara
·     Membaca ragam musik mancanegara
·     Mengungkapkan keunikan dan pesan dari musik/lagu mancanegara di Asia
·     Menghubungkan hal-hal yang berkaitan dengan alat musik
·   Menemukan informasi tentang alat musik  mancanegara di Asia
·   Menyebutkan ragam musik mancanegara di Asia
·   Menuliskan keunikan  dan pesan dari musik mancanegara di Asia
·   Menyebutkan nama-nama alat musik mancanegara di Asia
Tes
Lisan

Daftar
Pertanyaan
·    Sebutkan 3 jenis alat musik mancanegara di Asia beserta contoh!
·    Sebutkan ragam dan keunikan mancanegara di Asia.
·    Tuliskan hal-hal yang dapat diteladani
1 jp

v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 3.1  :                Disiplin, Tekun, Gemarmembaca,Tanggungjawab, Kreatif, Kerja sama,Percaya diri
v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 3.2  :                Tekun, Gemarmembaca, Percayadiri, Kreatif, Mandiri.

Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah



(Eko Budi Santosa, S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1 008




Kalimanah,   9 Juli  2016
Guru MapelSeniBudaya.



(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005


Silabus PEMBELAJARAN



Nama Sekolah                 :   SMP N 1 KALIMANAH
Kelas/Semester                : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran                : Seni Budaya (SENI MUSIK)
Standar Kompetensi       : 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1 Mengaransir lagu mancanegara di Asia





·  Musik mancanegara di Asia





·       Membaca pola irama, lagu mancanegara
·       Mendiskusikankan tentang unsur lagu dan jenis alat musik beserta sumbernya
·       Tanya jawab tentang  musik pengiring dalam aransemen
·       Mengaransir secara sederhana lagu mancanegara
·    menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu dalam aransemen lagu
·   menentukan alat musik pengiring dari musik mancanegara
·    mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara

Tes kinerja






Tes Uji Petik Kerja
Produk





·     Aransirlah salah satu lagu mancanegara dengan iringan musik dengan memperhatikan unsur-unsur musik
·     Tentukanlah alat musik yang digunakan sebagai alat musik pengiring dalam musik mancanegara
2 jp






Lagu-lagu
Mancanegara, Alat musik pengiring, Buku teks 

4.2 Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia
·  Partitur lagu
·       Berlatih memainkan hasil aransemen
·Menampilkan hasil aransemen dalam bentuk kelompok maupun perorangan
·   Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia
Tes
Kinerja
Tes Uji Petik Kerja
·     Aransirlah secara sederhana lagu mancanegara di Asia
·     Mainkan hasil aransemen musik mancanegara di depan kelas secara kelompok maupun perorangan
2 jp
Lagu-lagu
Mancanegara, Alat musik pengiring, Buku teks 

v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 4.1 :                 Disiplin,Kreatif, Demokratis, Tanggungjawab,Kerja sama, Toleransi,Percaya diri
v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 4.2 :                 Disiplin, Kreatif, Kerjasama, Toleransi, Tanggungjawab, Percayadiri

Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah



(Eko Budi Santosa, S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1 008




Kalimanah,   9 Juli  2016
Guru MapelSeniBudaya.



(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005




Silabus PEMBELAJARAN



Nama Sekolah             :  SMP N 1 KALIMANAH
Kelas/Semester            : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran            : Seni Budaya (SENI TARI)
Standar Kompetensi   : 5. Mengapresiasi karya seni tari.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1    Mengidentifikasi karya seni tari mancanegara di Asia



·   Tari mancanegara di Asia
·   Keunikan Karya Seni Tari Mancanegara di Asia

·   Membaca referensi tentang tari mancanegara di Asia
·   Menyaksikantaridarimancanegara
·   Mendiskusikan ciri-ciri tari yang disaksikan
·   Menyebutkan keunikan  dan pesan dari tari yang ditonton
·     Mengidentifikasi tentang karya tari mancanegara di Asia
·     Menuliskan unsur budaya khas dari tari asia.
·     Mengkaji perkembangan seni tari mancanegara di Asia
·     Menuliskan keunikan/keindahan dan pesan dari pertunjukan tari yang ditonton
Tes Tertulis






Isian Singkat



Uraian




·   Jelaskan dengan singkat tentang tari mancanegara
·   Sebutkat nama jenis tari mancanegara berdasarkan negaranya
·   Sebutkan perbedaan ciri dari karya tari negara:
a. India           c. Kamboja
b. Thailand    d. China

1 Jp







Media Cetak

Media Elektronik Pertunjukan tari

Guru tari

5.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari Mancanegara di Asia
·   Mengeksplorasi Gerak Tari Mancanegara di Asia
·   Mengamati karya seni tari mancanegara di Asia
·   Membuat kliping tentang karya tari mancanegara di Asia
·   Membuat tanggapan tentang keunikan karya seni tari mancanegara di Asia
·     Mendeskripsikan keunikan gagasan dari karya seni tari mancanegara di Asia
·     Membuat tanggapan tentang karya seni tari mancanegara di Asia
Tes Praktek/ Kinerja
Tes Identifikasi
·   Presentasikan hasil diskusi kelompok tentang keunikan gagasan terhadap beragam tari mancanegara di Asia
1 Jp
Media Cetak

v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 5.1 :                 Disiplin, Kreatif, Demokratis, Tanggungjawab, Kerja sama, Toleransi,Percaya diri
v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 5.2 :                 Disiplin, Kreatif, Kerjasama, Toleransi, Tanggungjawab, Percayadiri

Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah



(Eko Budi Santosa, S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1 008




Kalimanah,   9 Juli  2016
Guru MapelSeniBudaya.



(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005


Silabus PEMBELAJARAN



Nama Sekolah             :   SMP N 1 KALIMANAH
Kelas/Semester            : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran            : Seni Budaya (SENI TARI)
Standar Kompetensi   : 6. Mengekspresikani diri melalui karya seni tari.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

6.1    Mengeksplorasi gerak tari kreasi berdasarkan tari mancanegara di Asia


·   Tari mancanegara




·   Menyaksikantarianmancanegara
·   Mengeksplorasikan konsep garapan tari hasil pengamatan

·   Mengeksplorasi gerak tari berdasarkan ide kreatif manca negara di Asia

Tes Praktek/ Kinerja



Tes Uji Kerja



·   Buatlah konsep garapan tari berdasarkan pengamatan tari mancanegara
·   Buatlah garapan tari berdasarkan pengamatan  tari mancanegara

2 jp





Media elektronik


6.2    Menampilkan tari kreasi mancanegara di Asia
·     Praktek Tari
·   Menemukan gerak dasar tari untuk garapan tari
·   Latihan menarikan garapan tari sesuai dengan konsep dan iringannya
·   Menyusun gerak berdasarkan ide kreatif tari mancanegara di Asia
·   Menyajikan tari kreasi mancanegara secara kelompok di kelas/sekolah
Tes Praktek/ Kinerja
Tes Uji Kerja
·     Kreasikan gerak dasar tari dengan kreasi gerakanmu sendiri
2 jp
Media elektronik

v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 6.1 :                 Disiplin,Tekun,Kreatif, Rasa ingintahu, Tanggungjawab,Kerja sama,Percaya diri
v  Karaktersiswa yang diharapkanpada KD 6.2 :                 Disiplin, Tekun, Tanggungjawab, Kerjasama, Toleransi, Percayadiri


Mengetahui,
KepalaSMP N 1 Kalimanah



(Eko Budi Santosa, S. Pd, M. Pd.)
NIP: 19670907 199303 1 008




Kalimanah,   9 Juli  2016
Guru MapelSeniBudaya.



(Abdul Basir, S. Pd.)
NIP: 19690930 200501 1 005


Tidak ada komentar:

Posting Komentar